PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI SURABAYA MELALUI PENDAMPINGAN EKSPERIMEN FISIKA

Authors

  • Herwinarso Herwinarso Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Jane Koswojo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Elisabeth Pratidhina Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Anthony Wijaya Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Tri Lestari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.20325

Keywords:

Fisika; Praktikum; Sekolah Menengah Atas

Abstract

Fisika adalah ilmu yang erat hubungannya dengan fenomena sehari-hari dan merupakan dasar dari perkembangan teknologi. Pembelajaran fisika seharusnya menekankan pengalaman langsung untuk membantu peserta didik lebih memahami fenomena alam. Akan tetapi, banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan kegiatan praktikum termasuk SMA di Surabaya. Kegiatan ini bertujuan mengatasi keterbatasan peralatan praktikum di sekolah serta menumbuhkan minat belajar peserta didik pada fisika. Kegiatan terlaksana dengan baik dan didukung penuh oleh pihak sekolah, guru dan peserta didik. Peserta didik juga semangat untuk mencoba, mengumpulkan data dan menganalisa data hasil praktikum. Kuesioner yang diberikan di akhir kegiatan menunjukan bahwa peserta didik antusias dan merespon baik kegiatan ini. Peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran fisika menjadi lebih menarik melalui kegiatan praktikum.

References

Astiti, K. A. dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Konsep Fisika Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(3), 185–192.

Ate?, Ö., & Eryilmaz, A. (2011). Effectiveness of hands-on and minds-on activities on students’ achievement and attitudes towards physics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12(1), 1–22.

Etkina, E., Van Heuvelen, A., Brookes, D. T., & Mills, D. (2002). Role of Experiments in Physics Instruction — A Process Approach. The Physics Teacher, 40(6), 351–355. https://doi.org/10.1119/1.1511592

Havlí?ek, K. (2015). Experiments in Physics Education?: What do Students Remember?? WDS’15 Proceedings of Contributed Papers, 144–148. Retrieved from https://www.mff.cuni.cz/veda/konference/wds/proc/pdf15/WDS15_24_f12_Havlicek.pdf

H?rça, N. (2013). The Influence of Hands on Physics Experiments on Scientific Process Skills According to Prospective Teachers’ Experiences. European J Of Physics Education, 4(1), 6–14. Retrieved from http://ejpe.erciyes.edu.tr/index.php/EJPE/article/view/82

Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (1982). The Role of the Laboratory in Science Teaching: Neglected Aspects of Research. Review of Educational Research, 52(2), 201–217. https://doi.org/10.3102/00346543052002201

Ma, X., Jia, Y., Fan, C., & Jiang, X. (2021). An Empirical Study on Improving the Learning Effect of Physics Experiment Course in High School by Simulation Experiment Software. Open Journal of Social Sciences, 09(11), 309–331. https://doi.org/10.4236/jss.2021.911023

Mattheis, F. E., & Nakayama, G. (1988). Effects of a Laboratory-Centered Inquiry Program on Laboratory Skills, Science Process Skills, and Understanding of Science Knowledge in Middle Grades Students. ERIC Document Reproduction Service, No. ED 307. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

National Research Council. (1999). Transforming Undergraduate Education in Science, Mathematics, Engineering, and Technology. National Academies Press.

National Science Foundation. (1996). Shaping the future: New expectations for undergraduate education in science, mathematics, engineering, and technology. Directorate for Education and Human Resources.

Pratidhina, E., Kurniasari, Untung, B., Herwinarso, Wijaya, A., Anawati, B. D., … Sugimin. (2020). Pendampingan Eksperimen Fisika Bagi Siswa-Siswa SMA di Surabaya. Aksiologiya?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78–85.

Rahmatiah, R., Koes H., S., & Kusairi, S. (2017). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 45–54. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.288

Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2013). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics. Cengage Learning.

Tobin, K. (1986). Secondary science laboratory activities. European Journal of Science Education, 8(2), 199–211. https://doi.org/10.1080/0140528860080208

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Herwinarso, H., Koswojo, J. ., Pratidhina, E. ., Wijaya, A. ., & Lestari, T. . (2024). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI SURABAYA MELALUI PENDAMPINGAN EKSPERIMEN FISIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1710–1714. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.20325

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.