PELATIHAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN PENGEMBANGAN APLIKASI MOODLE DI AKPER BAITUL HIKMAH BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.19996Keywords:
Moddle, E-LearningAbstract
Kemajuan teknologi Indonesia berkembang pesat setiap tahunnya. Kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari dan sangat berpengaruh secara tidak langsung dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi dalam bidang Pendidikan yaitu dengan menggunakan gadget atau juga sering disebut dengan smartphone dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu menggunakan aplikasi moodle. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan yaitu untuk memberikan pengetahuan bagi pada dosen dan mahasiswa dalam menerapkan aplikasi Moodle melalui pelatihan yang pada akhirnya nanti kegiatan ini akan diterapkan dalam proses pembelajaran. Adapun permasalahan yang melatarbelakangi pelatihan ini yaitu dosen belum bisa memanfaatkan aplikasi Moodle ini secara optimal. Metode dalam kegiatan pengabdian ini adalah penjelasan, diskusi dan praktek langsung dengan output akhir peserta sudah dapat membuat dan menggunakan fitur-fitur yang ada pada moddle dalam proses pembelajaran serta adanya media pembelajaran moddle pada setiap mata pelajaran.References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa. Komunita, 1(2), 69–73. https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/23
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan media pembelajaran E-learning berbasis moodle pada matakuliah pengantar aplikasi komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178–192.
Saodin, M.Fajar Sidiq, & Afrizal Aziz. (2021). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN PADA HOTEL SYARIAH NUSANTARA. KALIANDA HALOK GAGAS, 4(1), 45–58. https://doi.org/10.52655/khg.v4i1.11
Suwandayani, B. I., & Anggraini, A. I. (2021). Pola implementasi teori konstruktivisme pada pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2), 609–618.
Utami, I. S. (2016). Implementasi e-learning menggunakan cms moodle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169–178.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lukman Nuzul Hakim, Egi Radiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.