SOSIALISASI DAMPAK GADGET TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR DI SD 13 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19972Keywords:
Digital, Gadget, Anak –anakAbstract
Pada era digital yang terus berkembang, gadget seperti smartphone dan tablet telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari banyak orang, termasuk anak-anak sekolah dasar. Anak-anak saat ini tumbuh dengan akses yang mudah terhadap teknologi dan sering kali menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan gadget untuk berbagai aktivitas seperti bermain game, menonton video, atau mengakses media sosial. Meskipun gadget dapat memberikan manfaat dalam hal pendidikan, hiburan, dan koneksi dengan dunia luar, namun ada kekhawatiran tentang dampak negatif yang mungkin terjadi pada anak-anak sekolah dasar akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan hubungan antara penggunaan gadget yang berlebihan dengan masalah seperti penurunan konsentrasi, keterlambatan perkembangan sosial, penurunan aktivitas fisik, dan peningkatan masalah kesehatan mental pada anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan gadget pada anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini akan melibatkan partisipan dari berbagai sekolah dasar di wilayah ini, dengan usia partisipan berkisar antara 6 hingga 12 tahun.References
Agustina, A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajan dasar, 1-10.
Almira, L. (2017). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1-6.
dwi, a. (t.thn.). https://fkip.umsu.ac.id/2023/05/17/pengaruh-gadget-terhadap-perkembangan-anak/.
Fadilah, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Komuikasi Handphone(HP) Terhadap Aktifitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi Program Studi ilmu Tarbiyah FKIP Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriana, E. (2016). Dampak Gadget terhadao Perkembanga anak Usia Dini. Jurnal Obsesi; Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini, 1-10.
Hidayat, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 203-214.
Kusumadewi, A. (2019). Sosialisasi Dampak Gadget Pada Anak Dekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25-31.
Maulida, H. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013.
Pratama, B. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 1-10.
Sari, D. P. (2018). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 153-164.
Sari, P. d. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi, 73-77.
Trinika, Y. A. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekkolah (3--6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015.
Wijaya, T. (2015). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Psikologi, 1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yesi Zenggia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










