STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DAN WIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19732Keywords:
Strategi, Bisnis, WirausahaAbstract
Kewirausahaan identik dengan Wirausahawan dan wirausaha adalah orang-orang yang mampu mengidentifikasi dan menangkap peluang, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan dan mencapai kesuksesan. Pengembangan kewirausahaan merupakan tujuan setiap daerah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha mengenai strategi pengembangan bisnis dan wirausaha di kabupaten Buton. Strategi yang perlu dilakukan adalah kesinambungan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan berkaitan dengan pelatihan design, packaging, inovasi serta kualitas produk, izin edar produk, serta penggunaan media online guna memaksimalkan strategi pemasaran. bagi pelaku usaha atau calon pelaku usaha dalam mengasah keahlian dan skill agar bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha. Hal ini akan memberikan efek yang besar terhadap masa depan dan pola perilaku mereka di lingkungannya. Secara lebih spesifik permasalahan dari pelaku usaha yang ada ini antara lain diversifikasi prosuk masih rendah, modal yang sangat terbatas, kurangnya inovasi, dan belum mampu mengambil peluang perkembangan teknologi infomasi berkaitan dengan tekhnik pemasaran.References
Abdul Hafiz Ihza Mahendra, & Asmawi. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif Swot Dan Bmc. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 322–332. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.749
Alimudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. Manajemen Kinerja, 1–13. Retrieved from https://www.academia.edu/download/79636547/250.pdf
Andriyanto, I. dan I. (2017). ANAlISIS SWOT DAlAm PeNgemBANgAN BISNIS (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). BISNIS, 5(2). https://doi.org/10.1007/978-3-319-68198-6_3
Indrayani, L., Bambang Permadi, W., Ulfah Arini, D., & Amin, P. (2021). Menciptakan wirausaha milenial dalam pelatihan strategi perencanaan bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 95–104. Retrieved from https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.444
Mopangga, H. (2015). Trikonomika. Trikonomika, 14(1), 13–24. Retrieved from http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/trikonomika/article/view/587
Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164
Ningrum, H. Y. W., & Madjakusumah, D. G. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Menurut Persfektif Ekonomi Islam Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Home Industry X di Caringin Kecamatan Y. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 29–34.
Nurseto, T. (2012). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i1.675
Rusmadi Idrus. (2020). Optimalisasi Pengelolaan Informasi Potensi Industri Daerah Berbasis Blog Pada Dinas Perindustrian Kabupaten Buton. Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.
Suhardini, D., & Rizki, D. J. (2014). Strategi Pengembangan Bisnis Garment Di Cv. M2Tech. Jurnal Teknik Industri, 4(3). https://doi.org/10.25105/jti.v4i3.1514
Suryadi, D. (2018). Peran dan Strategi Perkembangan Kewirausahaan dan Tantangannya Dalam Menghadapi Perekonomian di Masa Yang Akan Datang. Jurnal Universitas Bale Bandung, (April), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Wayan Sujana, Ernawati Malik, Wa Ode Al Zarliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.