MENGURANGI KETIMPANGAN SOSIAL MELALUI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK KURANG MAMPU

Authors

  • I Ketut Sukarma Universitas Pendidikan Mandalika Indonesia
  • Tungga Bhimadi Karyasa Universitas Gajayana
  • Hasim Hasim Universitas Sebelas Maret
  • Asfahani Asfahani IAI Sunan Giri Ponorogo
  • Achmad Abdul Azis IAI Khozinatul Ulum Blora

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19682

Keywords:

Anak Kurang Mampu, Bantuan Pendidikan, Ketimpangan Sosial.

Abstract

Ketimpangan sosial merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh banyak negara di dunia, termasuk di dalamnya ketimpangan pendidikan. Tujuan kegiatan adalah untuk menyelidiki dan mengatasi permasalahan yang melingkupi ketimpangan sosial dalam pendidikan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menerapkan metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2023 dengan sasaran kelompok anak putus sekolah di wilayah Kelurahan Pagutan Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dari penelitian pengabdian ini telah menghasilkan serangkaian temuan yang signifikan dalam upaya mengurangi ketimpangan sosial dalam akses pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Salah satu temuan kunci adalah bahwa program bantuan pendidikan yang dirancang khusus untuk kelompok sasaran ini secara efektif meningkatkan partisipasi mereka dalam pendidikan. Jadi program ini berhasil membuka pintu kesempatan bagi anak-anak yang sebelumnya menghadapi hambatan-hambatan signifikan. Mereka tidak hanya mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik, tetapi juga mengalami peningkatan prestasi akademik dan perkembangan pribadi yang kuat.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Aisyah, E. N. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengolahan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Menjadi Produk Minuman. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.30651/Aks.V6i1.4924

Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.

Andriati, N., Martin, M., Atika, A., Hidayati, N. W., Hendrik, H., & Hastiani, H. (2022). Pelatihan Parenting Bagi Masyarakat Dalam Mengembangkan Karakter Anak Di Kabupaten Mempawah. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(2), 415–424.

Ar, M. M., Rohmah, A. A., Sattina, S., Asmauliyah, S. N., Wujdiyani, W., & Warist, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Usia Dini Melalui Program Rumah Ramah Anak Di Desa Aenganyar Pulau Giligenting Sumenep. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 54–66.

Asfahani, A. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak (Studi Kasus Kelas Reguler Dan Kelas Akselerasi Mts Negeri Ponorogo). Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 13–36.

Asfahani, A., & Fauziyati, W. R. (2020). Pendidikan Anak Supernormal Dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi Man 2 Kota Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 93–120.

Bormasa, M. F. (2023). Menjembatani Jurang Sosial: Kegiatan Dalam Meningkatkan Akses Dan Kesetaraan Dalam Konservasi Lingkungan Di Daerah Terisolasi (Studi Di Kabupaten Sukabumi). Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 468–476.

Darmawan, D., Alamsyah, T. ., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning And Action Untuk Menumbuhkan Quality Of Life Pada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 4(2), 160–169. Https://Doi.Org/10.15294/Pls.V4i2.41400

Ibrahim, N., Mahmud, R., & Wantu, S. M. (2023). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (Pkh) Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kelurahan Wongkaditi Timur Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 5360–5374.

Lewaherilla, N. C., Ralahallo, F. N., & Loppies, L. S. (2022). Revitalisasi Tata Kelola Menuju Bumdes Produktif Pada Bumdes Tanjung Siput Ohoi Lairngangas Di Kabupaten Maluku Tenggara. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(2), 331–341.

Maria, H., Laurens, I., Patoo, H., & Sapa, A. (2023). Transformasi Sosial Melalui Lensa Teologi: Memahami Peran Agama Dalam Mengatasi Ketimpangan Sosial Pada Konteks Kontemporer. Kingdom, 3(2), 108–121.

Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28–36.

Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal Of Community Service Learning, 5(3), 234–241.

Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. M. (2022). Pelatihan E-Learning Berbasis Multiplatform Sebagai Wujud Digitalisasi Program Mbkm Di Smkn 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(2), 491–500. Https://Doi.Org/10.37680/Amalee.V3i2.1725

Nurlila, R. U., & La Fua, J. (2020). Jahe Peningkat Sistem Imun Tubuh Di Era Pandemi Covid- 19 Di Kelurahan Kadia Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–61. Https://Doi.Org/10.35311/Jmpm.V1i2.12

Rahman, H. (2018). Potret Pertumbuhan Ekonomi, Kesenjangan Dan Kemiskinan Di Indonesia Dalam Tinjauan Ekonomi Politik Pembangunan. Ilmu Dan Budaya, 40(55).

Saleh, K., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Antara Harapan Dan Realita. Journal Of Islamic Education And Learning, 2(2), 111–126.

Sanapiah, S., Sukarma, I. K., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Pujilestari, P., Kurniawan, A., Muzaki, A., & Nurdin, N. (2020). Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru Di Mtsn 1 Alas. Abdi Masyarakat, 2(1).

Solina, E., Syafiti, R., Elsera, M., Rahmawati, N., & Ihsan, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Kerajinan Tangan Pada Ibu-Ibu Penerima Program Keluarga Harapan (Pkh) Kampung Bulang Kota Tanjungpinang. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(1), 85–96.

Suardipa, I. P. (2020). Diversitas Sistem Pendidikan Di Finlandia Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2(2), 68–77.

Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Par (Participatory Action Research) Di Ra Qurratun A’yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(1).

Unayah, N. (2017). Gotong Royong Sebagai Modal Sosial Dalam Penanganan Kemiskinan. Sosio Informa, 3(1).

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Sukarma, I. K. ., Karyasa, T. B. ., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. . (2023). MENGURANGI KETIMPANGAN SOSIAL MELALUI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK KURANG MAMPU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440–8447. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19682

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.