PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN DAN DIGITAL MARKETING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA

Authors

  • Karsim Karsim Universitas Tanjungpura
  • Ikram Yakin Universitas Tanjungpura
  • Pramana Saputra Universitas Tanjungpura
  • Endah Mayasari Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19623

Keywords:

UMKM, SMK, Digital Marketing, Pelatihan, kewirausahaan, Siswa

Abstract

Pendidikan vokasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan keterampilan praktis untuk bersaing di dunia kerja. Di SMK Panca Bhakti Sungai Raya, telah dilakukan sebuah program pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kewirausahaan dan digital marketing. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk sukses dalam era bisnis yang semakin terdigitalisasi. Selama pelaksanaan program, siswa diberikan pelatihan intensif tentang konsep dasar bisnis, dan strategi pemasaran digital. Siswa diajak untuk terlibat dalam proyek bisnis praktis, yang memungkinkan mereka menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam konteks nyata. Selain itu, kerjasama dengan industri lokal menjadi bagian dari program ini, sehingga siswa terhubung dengan dunia bisnis dan memahami dinamika pasar secara langsung. Program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang kewirausahaan dan digital marketing. Mereka berhasil mengembangkan keterampilan dalam mengelola kampanye pemasaran online, mengoptimalkan media sosial, dan menerapkan strategi bisnis yang efektif. Beberapa siswa berhasil mengembangkan ide bisnis mereka sendiri dan memulai usaha kecil. Meskipun ada beberapa kendala selama pelaksanaan, seperti keterbatasan sumber daya dan tantangan teknis dalam pemasaran digital, program mampu memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan siswa untuk masa depan yang terhubung secara digital. Dengan kolaborasi antara sekolah, siswa, dan industri lokal, program ini menjadi landasan yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang kewirausahaan dan digital marketing di SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Diharapkan program ini akan terus berdampak positif pada pembekalan keterampilan siswa dan mempersiapkan untuk menjadi pelaku bisnis yang sukses di masa mendatang.

References

Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Anas, A., & Adinugraha, H. H. (2017). Dakwah Nabi Muhammad terhadap Masyarakat Madinah Perspektif Komunikasi Antarbudaya. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 53–72. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1356

Arianto, B., & Risdwiyanto, A. (2021). Kiprah Aktor Warganet melalui Media Sosial dalam Pemasaran Digital: Studi Kasus pada #HondaBeAT. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(1), 19. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i1.636

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR) (Vol. 15, Issue 1).

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Ilmi Faried, A., Sudarso, A., Kurniawan Soetijono, I., Hadi Saputra, D., & Simarmata Penerbit Yayasan Kita Menulis, J. (2020). KEWIRAUSAHAAN DAN UMKM.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Jannah, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar (Atika Izzatul Jannah) 55 THE DEVELOPMENT OF MATHEMATIC TEACHING MATERIALS ON THE SUBJECT OF THE SET BY USING PROBLEM SOLVING APPROACH FOR SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Pendidikan Matematika, 6(3), 2017.

Kusuma1, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Octavia, G., & Purnama Sari, W. (2018). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting.

Rizki Ananda. (2017). 7340-18252-1-PB (Problem solving). Jurnal Sekolah (JS), 1(2), 66–75.

Said, A. N. F. L. R. (2017). MENGGALI POTENSI KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIFITAS PENGOLAHAN HASIL KEKAYAAN LAHAN BASAH ( STUDI DI KELURAHAN ALALAK UTARA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN ) Anna Nur Faidah?; Laila Refiana Said Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Man. Menggali Potensi Kewirausahaan Masyarakat Melalui Kreatifitas Pengolahan Hasil Kekayaan Lahan Basah ( Studi Di Kelurahan Alalak Utara Banjarmasin Kalimantan Selatan ), 27–28.

Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Tantangan Teknologi Digital Marketing Communication as a technology challenge (Vol. 1). www.amazara.co.id,

Sepris Yonaldi. (2018).

Utia Elja Rizki. (2021). PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PENGUATAN DAYA SAING.

Wijoyo, H., Sutawan, K., Bodhi Dharma, S., Dharmapala Riau, S., Jinarakkhita Lampung, S., & Artikel, R. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU INFO ARTIKEL ABSTRAK. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227–231.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Karsim, K., Yakin, I. ., Saputra, P. ., & Mayasari, E. . (2023). PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN DAN DIGITAL MARKETING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8557–8562. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19623

Similar Articles

<< < 289 290 291 292 293 294 

You may also start an advanced similarity search for this article.