PELATIHAN PUBLIC SPEAKING MELALUI EKSTRAKULIKULER MUHADHOROH PADA PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL-FIKRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19591Keywords:
Pelatihan, Public Speaking, Ekstrakulikuler Muhadhoroh.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pelatihan public speaking melalui ekstrakulikuler Muhadhoroh pada santri Pondok Pesantren Modern Daar El-Fikri. Public speaking adalah keterampilan penting dalam berkomunikasi efektif, dan melalui ekstrakulikuler Muhadhoroh, santri memiliki kesempatan yang berharga untuk mengembangkan keterampilan Public Speaking secara lebih mendalam. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendalami pemahaman tentang dampak pelatihan public speaking terhadap perkembangan keterampilan berbicara di depan umum serta pengalaman pribadi santri dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelatihan public speaking melalui ekstrakulikuler Muhadhoroh memberikan dampak positif yang signifikan dalam perkembangan keterampilan berbicara di depan umum santri. Dalam konteks pengalaman pribadi santri, pelatihan ini meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan publik, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, dan memberikan kesempatan yang berharga untuk berbicara di depan umum dalam lingkungan pendidikan pondok pesantren. Hasil dari penelitian ini memperkuat pemahaman tentang manfaat pelatihan public speaking melalui ekstrakulikuler Muhadhoroh sebagai salah satu instrumen penting dalam pengembangan keterampilan berbicara dan perkembangan pribadi santri di pondok pesantren. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam konteks pendidikan dan pengembangan keterampilan komunikasi di kalangan santri.References
Ahmad, M., Usman, A.N., Arifuddin, S.,&Patmahwati, P. (2021). Persiapan Persalinan dan Kelahiran di Massa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 1(3), 109–113. https://doi.org/http://doi.org/10.52436/1.jpmi.17
Arie Muhammad Dliyauddin, Zainul Abidin, and Agus Wedi, (2019), Penerapan Prinsip Belajar Behavioristik Dalam Kegiatan Muhadhoroh di Tarbiyatul Muallimien Al-Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 2 No. 3, 169.
Aziza Meria, (2018), Ekstakurikuler Dalam Mengembangkan Diri Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan, Jurnal Penelitian dan Pengabdian, Vol.6, No.2, 178.
Jalaludin Rakhmat. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Prajarto, Nunung. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka: Banten.
Ronny H. Mustamu, (2012), Menjadi Pembicara Publik Andal: Fenomena Public Speaker, Antara Kebutuhan dan Tren, Jurnal Komunikasi Islam | ISBN 2088-6314 | Volume 02, Nomor 02, D
Sumrahyadi dan Toto Widyarsono. (2020). Manual Kearsipan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adam Hafidz Al Fajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










