PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN WISATA EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA DI DESA WISATA LUMBAN BULBUL BALIGE KABUPATEN TOBA SUMATERA UTARA

Authors

  • Holmes Rajagukguk Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli
  • Rosalinda S Sitompul Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli
  • Herta Manurung Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli
  • Adriani Siahaan Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19299

Keywords:

MBKM, Wisata Edukatif, Masyarakat, Desa Wisata.

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aset yang digunakan sebagai sumber yang menghasilkan bagi suatu negara. Desa wisata Lumban Bulbul merupakan kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan, baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, arsitektur bangunan dan struktur tata ruang yang khas, atau kegiatan ekonomi yang unik dan menarik serta memiliki potensi untuk dikembangkan. berbagai komponen kepariwisataan seperti: atraksi, akomodasi, makanan , dan kebutuhan wisata lainnya, baru- baru ini telah diadakan perlombaan kejuaran dunia di daerah tersebut yaitu F1H20, maka dengan ini perlu diadakan sosialisasi bagaimana mengelola daerah tersebut supaya lebih Edukatif dalam pengembangannya.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan Pemerintah dan masyarakat daerah khususnya bidang pariwista dalam mengelola wisata edukasi (yang meliputi: media interpretasi, dan pendukung Pariwisata yaitu berupa  buku Panduan wisata educatif.  Selain itu, program ini diharapkan mampu memberikan pembekalan dan ruang untuk belajar bagi siswa dan mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari pengelolaan destinasi wisata edukasi melalu program MBKM. Langkah yang telah dilakukan meliputi: (1) Menggali akar permasalahan dalam pengembangan Wisata melalui observasi dan wawancara dengan pengelola; (2) Memberikan rekomendasi pengelolaan melalui pelatihan pengelolaan wisata edukasi dan pariwisata berkelanjutan yaitu melalui kerajinan tangan serta kearifan local kepada pengelola destinasi wisata Pantai Lumban bulbul (3) Penyediaan Kerjasama Kuliah kerja nyata dan magang mahasiswa universitas Sisingamaraja XII Tapanuli untuk pengembangan wisata edukatif

References

Laire, E., & Gutierrez, M. (2019). Participation in tourism: Cases on Community-Based Tourism (CBT) in the Philippines. Dalam Ritsumeikan Journal of Asia Pacific Studies (Vol.37). http://en.apu.ac.jp/rcaps/uploads/fckeditor/publications/journal/2_RJAPS37_Gutierrez.pd”).

Twining-Ward, L. (2007). A Toolkit for Monitoring and Managing Community-Based Tourism. SNV – University of Hawaii, 1–85

Yanes, A., Zielinski, S., Cano, M. D., & Kim, S. I. (2019). Community-based tourism in developing countries: A framework for policy evaluation. Sustainability (Switzerland), 11(9), 1–23. https://doi.org/10.3390/su11092506

Nugraha, Y.E. (2020). Analisis Potensi dan Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Tulakadi Kawasan Perbatasan Indonesia. Jurnal Media Wisata, Volume 18, Nomor 2, November 2020. http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/MWS/article/view/100/84

Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan: Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Jurnal Media Wisata, Volume 15, Nomor 1, Mei 2017. http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/MWS/article/view/57/47

Hadiwijoyo, S.S. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2019). Pengembangan Wisata Perdesaan dan Wisata Perkotaan Rancangan Pola Perjalanan Gelang Projo (Magelang, Kulon Progo, Purworejo), Belitung Timur Malang Raya, hlm 8.

Darmawan, R., Jenal A., & Revi A.A. (2019). Wisata Edukasi dalam Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Berkelanjutan di Desa Cisaat Subang – Jawa Barat. Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Aisyianita, R. A., Rahmat, D., Abidin, J., Sahara, L. S., Fedrina, R.., & Erdawati. (2022). Implementasi Model Desa Wisata Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Wisata Cisaat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 37–52. Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/JAP/article/view/311

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Rajagukguk, H. ., Sitompul, R. S. ., Manurung, H. ., & Siahaan, A. . (2023). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN WISATA EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA DI DESA WISATA LUMBAN BULBUL BALIGE KABUPATEN TOBA SUMATERA UTARA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7933–7940. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19299

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.