SCIENCE DIGITAL EDUPRENUERSHIP BERBASIS PRODUK KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGUATKAN KETERAMPILAN TEACHING FACTORY GURU SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19218Keywords:
Science Digital Eduprenuership (SCIPRE); Teaching Factory (TEFA); Kearifan Lokal, Keterampilan MengajarAbstract
Permasalahan di mitra guru SMK 75 Dua Purwokerto untuk mengadaptasi kedunia kerja dan industri diperlukan persiapan untuk lulusan yang siap terjun. Untuk itu dibutuhkan pelatihan khususnya bagi guru sebagai tenaga pengajar untuk mempersiapkan siswa untuk terjun kedunia indusitri dan usaha. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini meningkatkan keterampilan mitra mengenai Teaching Factory (TEFA) melalui science digital eduprenuership (SCIPRE) berbasis kearifan lokal sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang terserap dunia kerja atau berwirausaha. Metode pelaksanaan dalam pelatihan yaitu melalui participant practice yaitu peserta melakukan praktik/ mengaplikasikan dari teori yang dibahas secara langsung. Kegiatan ini dilakukan di SMK 75 Dua Purwokerto dengan sasarn guru dan tenaga pendidik dilingkungan sekolah. Pelatihan keterampilan mengajar Teaching Factory menggunakan science digital eduprenuership (SCIPRE) berbasis kearifan lokal berjalan lancar, antusias dan mendapatkan respon yang baik dari Guru SMK 75 Dua Purwokerto. Diperkuat dengan peningkatan keterampilan mengajar TEFA dilihat dari rata-rata nilai keterampilan mengajar TEFA yang tadinya 60,4 menjadi 84,6 dalam kategori sangat baik.References
Agrawal, R. (2013). How to Identify and Select a Business Opportunity and Then Implement the Business Idea? A Case on Edupreneurship in India. Journal of Business Studies Quarterly, 4(4).
Asriati, N. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6M MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI KEEMPAT DI SMK NEGERI 6 PONTIANAK. JURKAMI?: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.334
Chryssolouris, G., Mavrikios, D., & Rentzos, L. (2016). The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm. Procedia CIRP, 57. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.009
Haris, A. (2013). Peranan Pendidik dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Kiat Bisnis, 5(2).
Hawa, S. D. (2021). Dampak Electronic Word of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 2(2).
H, R. C. S., & Prasetyono, R. N. (2019). Pelatihan E-Commerce Berbasis Web Untuk Menumbuhkan Potensi Siswa Smk Berwirausaha. Journal Pengabdian Mitra Masyarakat, 1(2).
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1).
Kurniawan, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6 LANGKAH (TF-6M) DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA. Innovation of Vocational Technology Education, 10(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v10i1.5092
Mavrikios, D., Georgoulias, K., & Chryssolouris, G. (2018). The Teaching Factory Paradigm: Developments and Outlook. Procedia Manufacturing, 23. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.04.029
Perwita, D. (2017). UPAYA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2). https://doi.org/10.24127/ja.v5i2.1209
Purwanto, A., Novitasari, D., & Asbari, M. (2022). The Role of Leadership, Teaching Factory (TEFA) Program, Competence of Creative Products and Entrepreneurship On Entrepreneurial Interest of the Vocational School Students. International Journal of Social and Management Studies, 3(5).
Putri Atika Tyagita, B., & Hesti Padmini, K. (2015). Edupreneur dalam meningkatkan mutu lulusan SMK. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November.
Sigitta, R. C., & Prasetyono, R. N. (2019). Development Textbooks E-Commerce for Growing Entrepreneurship Skills. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 5. https://doi.org/10.28989/senatik.v5i0.336
Wahjusaputri, S., & Bunyamin, B. (2022). Development of teaching factory competency-based for vocational secondary education in Central Java, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21709
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizki Noor Prasetyono, Dwi Hesty Kristyaningrum, Metiya Fatikhatur Rizqiyah, Sarah Dien hawa, Winarto Winarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










