PELATIHAN PENTINGNYA HAKIKAT KATEGORI ADOPTER (INNOVATOR, EARLY ADOPTER, EARLY MAJORITY, LATE MAJORITY, LAGGARD) DALAM DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19141Keywords:
Kategori Adopter, Difusi, Inovasi PendidikanAbstract
Proses inovasi adalah serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang atau organisasi, mulai dari ide awal hingga implementasi akhir dari inovasi tersebut. Bergantung pada berapa lama proses selesai, orang atau kelompok orang yang berbeda akan membutuhkan jumlah waktu yang berbeda tergantung pada sikap mereka terhadap inovasi. Demikian pula, saat proses inovasi sedang berlangsung, terkadang ada perubahan tak terduga yang dilakukan hingga akhir proses, dan berkesinambungan. Difusi memiliki hubungan yang kuat dengan keterampilan komunikasi. Ini berfungsi sebagai contoh pesan-pesan tentang ide atau gagasan baru yang sedang disebarluaskan. Adopter adalah orang yang menggunakan atau menerima inovasi tertentu. Pentingnya difusi dalam Pendidikan terutama dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari cara mengajar guru apakah guru menerima dan menggunakan Model-model pembelajaran inovati, menggunakan perangkat pembelajaran dan menerapkan TPACK dalam pebelajaran di kelas. Guru harus membuka wawasan tentang proses adopter pada diri guru itu sendiri. Metode dalam Pengabdian ini meliputi penyajian materi, penugasan praktik,monitoring dan evaluasi. Kegiatan Pengabdian berjalan dengan baik dan lancara, guru mitra sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Pemahaman tentang kategori adopter (Innovator, early adopter, early majority, late majority, laggard) dalam difusi inovasi pendidikan di sekolah dasar memberikan panduan dan wawasan yang berharga dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola perubahan yang diperlukan dalam proses pembelajaranReferences
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V8i2.43560
Annur, A. M. (2013). Difusi Adopsi Inovasi Penanggulangan Kemiskinan (Studi Difusi Dan Adopsi Inovasi Dalam Layanan “ Mbela Wong Cilik ” Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan ( Uptpk ) Di Kabupaten Sragen ). Journal Of Rural And Development, Iv(1), 14.
Hayati, R., Apriani, W., Zuraini, Z., & Isralidin, I. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 17–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37598/Pjpp.V9i1,%20april.1301
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549–1558. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V12i1.6534
Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis, 5(1), 621–629. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30606/Absis.V5i1.1558
Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Habsari, S. P. (2023). Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar. 10(1), 35–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37598/Pjpp.V10i1,%20april.1702
Hayati, R., Nuri, B., Novianti, N., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Kertas Koran Menjadi Alat Peraga Matematika Di Smp Negeri 3 Bireuen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V6i1.1570
Hayati, R., Surya, E., Kartika, Y., Karim, A., & Fachrurazi, F. (2023). Penggunaan Langkah Polya Untuk Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Kadikma, 14(1), 39–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Kdma.V14i1.39033
Hayati, R., Zuraini, Z., Rahmi, W., Eli, N., & Mailiyana, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Profesi Guru Dalam Bidang Penelitian Dan Publikasi Karya Ilmiah Di Sekolah Dasar. Rambideun?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 165–171. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V6i2.1882
Husnidar, H., Hayati, R., & Liana, T. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Menanggulangi Fobia Matematika Pada Sekolah Dasar. Baktimas?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 107. Https://Doi.Org/10.32672/Btm.V1i2.1363
Jasmaniah, & Hayati, R. (2020). Upaya Mengatasi Perilaku Phubbing Dengan Menggunakan Tangram Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 1–6.
Mihardja, E. J., Azizi, A., & Fairus, S. (2022). Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement?: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu. Journal Of Dedicator Community, 06(2), 61–74. Https://Doi.Org/10.34001/Jdc.V6i1.2030
Misnawati, M., Zuraini, Z., Dewi, S. L., Misnar, M., & Hayati, R. (2021). Pemberdayaan Guru Dalam Penggunaan Platform Google Classroom Pada Masa New Normal Di Mtss Nurul Qur’an. Rambideun?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 153–162. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V4i3.772
Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi Dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10(2), 173–184.
Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., & Ikhsan, M. (2020). Teachers’ Understanding About The Characteristics Of Realistic Mathematics Education. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 14(3). Https://Doi.Org/10.11591/Edulearn.V14i3.8458
Zuraini, Z., Nofriati, E., Hayati, R., Kartika, Y., & Husnidar, H. (2023). Pelatihan Metode Contextual Teaching And Learning. 4(2), 2021–2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmi Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










