PELATIHAN PENTINGNYA HAKIKAT KATEGORI ADOPTER (INNOVATOR, EARLY ADOPTER, EARLY MAJORITY, LATE MAJORITY, LAGGARD) DALAM DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim
  • Zuraini Zuraini Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19141

Keywords:

Kategori Adopter, Difusi, Inovasi Pendidikan

Abstract

Proses inovasi adalah serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang atau organisasi, mulai dari ide awal hingga implementasi akhir dari inovasi tersebut. Bergantung pada berapa lama proses selesai, orang atau kelompok orang yang berbeda akan membutuhkan jumlah waktu yang berbeda tergantung pada sikap mereka terhadap inovasi. Demikian pula, saat proses inovasi sedang berlangsung, terkadang ada perubahan tak terduga yang dilakukan hingga akhir proses, dan berkesinambungan. Difusi memiliki hubungan yang kuat dengan keterampilan komunikasi. Ini berfungsi sebagai contoh pesan-pesan tentang ide atau gagasan baru yang sedang disebarluaskan. Adopter adalah orang yang menggunakan atau menerima inovasi tertentu. Pentingnya difusi dalam Pendidikan terutama dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari cara mengajar guru apakah guru menerima dan menggunakan Model-model pembelajaran inovati, menggunakan perangkat pembelajaran dan menerapkan TPACK dalam pebelajaran di kelas. Guru harus membuka wawasan tentang proses adopter pada diri guru itu sendiri. Metode dalam Pengabdian ini meliputi penyajian materi, penugasan praktik,monitoring dan evaluasi. Kegiatan Pengabdian berjalan dengan baik dan lancara, guru mitra sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Pemahaman tentang kategori adopter (Innovator, early adopter, early majority, late majority, laggard) dalam difusi inovasi pendidikan di sekolah dasar memberikan panduan dan wawasan yang berharga dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola perubahan yang diperlukan dalam proses pembelajaran

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V8i2.43560

Annur, A. M. (2013). Difusi Adopsi Inovasi Penanggulangan Kemiskinan (Studi Difusi Dan Adopsi Inovasi Dalam Layanan “ Mbela Wong Cilik ” Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan ( Uptpk ) Di Kabupaten Sragen ). Journal Of Rural And Development, Iv(1), 14.

Hayati, R., Apriani, W., Zuraini, Z., & Isralidin, I. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 17–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37598/Pjpp.V9i1,%20april.1301

Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549–1558. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V12i1.6534

Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis, 5(1), 621–629. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30606/Absis.V5i1.1558

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Habsari, S. P. (2023). Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar. 10(1), 35–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37598/Pjpp.V10i1,%20april.1702

Hayati, R., Nuri, B., Novianti, N., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Kertas Koran Menjadi Alat Peraga Matematika Di Smp Negeri 3 Bireuen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V6i1.1570

Hayati, R., Surya, E., Kartika, Y., Karim, A., & Fachrurazi, F. (2023). Penggunaan Langkah Polya Untuk Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Kadikma, 14(1), 39–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Kdma.V14i1.39033

Hayati, R., Zuraini, Z., Rahmi, W., Eli, N., & Mailiyana, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Profesi Guru Dalam Bidang Penelitian Dan Publikasi Karya Ilmiah Di Sekolah Dasar. Rambideun?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 165–171. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V6i2.1882

Husnidar, H., Hayati, R., & Liana, T. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Menanggulangi Fobia Matematika Pada Sekolah Dasar. Baktimas?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 107. Https://Doi.Org/10.32672/Btm.V1i2.1363

Jasmaniah, & Hayati, R. (2020). Upaya Mengatasi Perilaku Phubbing Dengan Menggunakan Tangram Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 1–6.

Mihardja, E. J., Azizi, A., & Fairus, S. (2022). Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement?: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu. Journal Of Dedicator Community, 06(2), 61–74. Https://Doi.Org/10.34001/Jdc.V6i1.2030

Misnawati, M., Zuraini, Z., Dewi, S. L., Misnar, M., & Hayati, R. (2021). Pemberdayaan Guru Dalam Penggunaan Platform Google Classroom Pada Masa New Normal Di Mtss Nurul Qur’an. Rambideun?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 153–162. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51179/Pkm.V4i3.772

Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi Dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10(2), 173–184.

Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., & Ikhsan, M. (2020). Teachers’ Understanding About The Characteristics Of Realistic Mathematics Education. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 14(3). Https://Doi.Org/10.11591/Edulearn.V14i3.8458

Zuraini, Z., Nofriati, E., Hayati, R., Kartika, Y., & Husnidar, H. (2023). Pelatihan Metode Contextual Teaching And Learning. 4(2), 2021–2024.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Hayati, R., & Zuraini, Z. (2023). PELATIHAN PENTINGNYA HAKIKAT KATEGORI ADOPTER (INNOVATOR, EARLY ADOPTER, EARLY MAJORITY, LATE MAJORITY, LAGGARD) DALAM DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7643–7649. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19141

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.