PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19082Keywords:
Pelatihan, Perekonomian, Usaha Kecil Dan MenengahAbstract
Tujuan penulisan karya ini adalah untuk mengetahui pengembangan program pelatihan keterampilan usaha kecil dan menengah (UKM) dalam meningkatkan perekonomian lokal di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan Program Pelatihan Keterampilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Karawang adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pendekatan ini melibatkan partisipasi aktif pemilik UKM dan pemangku kepentingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, survei, dan observasi, sedangkan data yang dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif dengan pengkodean data dan penyusunan naratif untuk mengidentifikasi masalah dan solusi yang relevan. Hasil karya ini yaitu program pelatihan keterampilan UKM di Kabupaten Karawang adalah inisiatif komprehensif yang melibatkan partisipasi aktif pemilik UKM dan pemangku kepentingan. Ini mencakup pelatihan teknis, manajerial, keuangan, dan literasi keuangan untuk meningkatkan produksi dan daya saing UKM. Program juga mencakup aspek seperti teknologi informasi, keterampilan sosial, keberlanjutan lingkungan, dan kolaborasi untuk memberdayakan UKM secara menyeluruh. Dengan pendekatan holistik ini, diharapkan UKM di Kabupaten Karawang dapat berkembang dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal serta memiliki peluang pasar yang lebih luas.References
Abdullah, A., Kasmi, M., Karma, K., & Ilyas, I. (2021). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Ikan Hias Melalui Pelatihan Pembuatan Aquarium. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 231–241.
Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.
Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 59–65.
Aprita, S. A. S. (2021). Peranan Peer To Peer Lending Dalam Menyalurkan Pendanaan Pada Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 16(1), 37–61.
Bismala, L., Andriany, D., & Siregar, G. (2019). Model Pendampingan Inkubator Bisnis Terhadap Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 38–44.
Brydon-Miller, M., Kral, M., & Ortiz Aragón, A. (2020). Participatory Action Research: International Perspectives And Practices. International Review Of Qualitative Research, 13(2), 103–111.
Budiarto, E., Sobari, A., & Hamdani, I. (2021). Aplikasi Pola Grameen Bank Dalam Pembiayaan Produktif (Studi Kasus: Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia). Rayah Al-Islam, 5(02), 689–702.
Chevalier, J. M., & Buckles, D. J. (2019). Participatory Action Research: Theory And Methods For Engaged Inquiry. Routledge.
Cornish, F., Breton, N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., De-Graft Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory Action Research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1), 34.
Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 2(1), 23–32.
Husni, M. (2020). Memahami Pemikiran Karya Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas.” Al-Ibrah, 5(2), 41–60.
Ilma, M. U. (2019). Konsep Pendidikan Berbasis Pengalaman Dalam Buku Experience And Education Karya John Dewey Dan Relevansinya Dengan Model Pembelajaran Pai. Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.
Mukhirto, M., & Fathoni, T. (2022). Strategi Pemerintah Desa Gandukepuh Terhadap Pengembangan Objek Wisata Religi. Journal Of Community Development And Disaster Management, 4(1), 23–35.
Nugroho, A. P., Asfahani, A., Sugiarto, F., Sufyati, H. S., & Setiono, A. (2023). Community Assistance In Utilizing Sharia-Based Digital Banking. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 4(2), 519–530.
Pp, A. A. P., Setiawan, D., & Amnifu, F. H. W. (2020). Sinergi Bumdes Dan Perbankan Untuk Menciptakan Ekonomi Inklusif Di Desastudi Kasus: Desa Padaasih, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Lemhannas Ri, 8(2), 83–92.
Prasetia, S. A., Fahmi, M., Alfiyah, H. Y., & Adienk, F. M. S. (2021). Menyandingkan Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dengan Pendidikan Islam. Tarbawi, 10(1), 1–32.
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kecamatan Lengkong Kota Bandung.
Robikhah, A. S. (2018). Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1–16.
Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(1), 1–14.
Wulandari, T. (2020). Teori Progresivisme John Dewey Dan Pendidikan Partisipatif Dalam Pendidikan Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rena Augia Putrie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.