MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DOWN SYNDROME MELALUI MEDIA BERMAIN PERAN DI SLB NEGERI SEKAYU

Authors

  • Mulia Marita Lasutri Tama Universitas Bina Darma
  • Kartika Kartika Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19057

Keywords:

Down Syndrome, Bermain Peran, Kepercayaan Diri

Abstract

Permasalahan pada anak down syndrome adalah kesuitan pada kepercayaan diri, terdapat 63,3% anak down syndrome mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan sosial sehingga hal ini mempengaruhi cara bersosialisasi dan keterbatasan pada lingkungan sosial. Penelitian ini berfokus pada meningkatkan dan membantu perkembangan kepercayaan diri pada anak down syndrome Metode yang digunakan adalah metode bermain peran dengan beberapa tahapan yaitu siklus 1 tahap 1, siklus 1 tahap 2, dan siklus 2. Setelah dilakukannya uji coba siklus 1 tahapan 1, siklus 1 tahapan 2, dan siklus 2, mendapatkan perbandingan yang sangat signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri. Pada siklus 1 tahapan 1 subjek sama sekali belum memiliki rasa kepercayaan diri, pada siklus 1 tahapan 2 subjek mulai dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan pada siklus ke 2 sangat terlihat bahwa peningkatan kepercayaan diri sangat baik setelah melakukan uji coba bermain peran. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di lingkungan sekolah.

References

Husnul Khaatimah Dan Restu Wibawa, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Fip Ikip Mataram. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Oktober 2017 Volume 2 Nomor 2.

Elizabeth Santoso & Jenny Lukito Setiawan Fakultas Psikologi Psikologi Universitas Ciputar Surabaya. Peran Dukungan Ssosial Keluarga, Atasan, Dan Rekan Kerja Terhadap Resilient Self Efficacy Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Psikologi Tahun 2018: 27-39 Volume 24, Nomor 1.

Renawati1 Rudi Saprudin Darwis2 , Hery Wibowo3 Interaksi Sosial Anak Down Syndrome Dengan Lingkungan Sosial (Studi Kasus Anak Down Syndome Yang Bersekolah Di Slb Pusppa Suryakanti Bandung). Jurnal Penelitian Dam Pkm Juli 2017 Vol 4 No: 2 Hal : 129 -389

Saipul Amri. (2018). Engaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol.03 No 3

Sriyanti Rahmatunnisa, Diah Andika Sari, Iswan, Munifah Bahfen, Fildzah Rizki. (2020). Study Kasus Kemandirian Anak Down Syndrome Usia 8 Tahun. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikananak Usia Dini Vol.17 No.2

Amherstia Pasca Rina. (2016). Meningkatkan Life Skill Pada Anak Down Syndrome Dengan Teknik Modelling. Jurnal Psikologi Indonesia Vol.5, No.3 : Hak 115-125

Choirun Nisak Aulina. (2014). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pgpaud Trunojoyo Vol.1, No.1 Hal : 14-27

Nurwulandari. (2016). Penerimaan Orang Tua Dan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Di Bima, Skripsi Universitas Malang.

Husnul Khaatimah Dan Restu Wibawa, (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.2 No 2

Renaldy Rachman Septian Indonesia Universitas Siliwan. (2020).Interaksi Sosial Anak Down Syndrome Dengan Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat (Studi Kasus Anak Down Syndrome Di Seluruh Sekolah Luar Biasa Kota Tasikmalaya) Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 8 Nomor 2

Sultana Mh Faradz. (2016). Mengenal Sindrom Down, Panduan Untuk Orang Tua & Profesional. Undip Press : Dicetak Oleh Percetakan Bawen Mediatama

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Tama, M. M. L. ., & Kartika, K. (2023). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DOWN SYNDROME MELALUI MEDIA BERMAIN PERAN DI SLB NEGERI SEKAYU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7713–7716. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19057

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.