PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE KINOVEA PADA GURU PENJASKESREK SE-KABUPATEN KEEROM 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18956Keywords:
Software Kinovea, Analisis gerak, Pendidikan Jasmani, OlahragaAbstract
Namun Penilaian Kemampuan Ilmiah Instruksi Fisik di Sekolah Kabupaten Keerom belum didigitalkan. Penilaian terus menerus dilakukan secara subyektif. Sementara itu, angka penilaian kapasitas harus diperhatikan dari awal hingga akhir. Jadi konsep esensial perkembangan buatan siswa adalah hal yang umum. Hingga saat ini, evaluasi subjektif dibuat berdasarkan pertimbangan subjektif.Kenyataannya tidak ideal karena kemajuan saat ini harus memanfaatkan media yang ada. Dengan demikian, pengajar Penjaskesrek di sekolah dapat melakukan penyelidikan lokomotor kuantitatif dalam pembelajaran untuk mengevaluasi bakat motorik halus siswa. Mengedepankan kualitas aset instruktif menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Perluas informasi, pemahaman dan kemampuan Anda melalui latihan persiapan cara memanfaatkan program komputer Kinovea. Manfaat ini dapat diwujudkan berkat kerja sama instruktur dari Lokal Keerom, Penjaskesrek. Beberapa langkah penting untuk mendapatkan manfaat ini, antara lain: Merencanakan, melaksanakan dan menilai melalui latihan post-test dan pre-test. Penilaian dilakukan dengan bantuan Google Shape. Penilaian ini dilakukan terhadap tingkat kapasitas instruktur beberapa waktu lalu dan setelah persiapan. Strategi yang digunakan adalah Conference, Asah dan Bicara sehubungan dengan pemanfaatan program. Hasil dari pertimbangan ini akan didistribusikan dalam jurnal peer-review. Dengan adanya pelatihan ini membuat guru penjas yang berada di kabupaten keerom mendapatkan keterampilan penilaian peserta didik secara kuantitatif dengan menggunakan bantutuan software kinovea. Melihat letak geografis kabupaten keerom yang dibatasi oleh jarak tidak menyurutkan kehadiran para guru ungatuk datang mengikuti kegiatan pelatihan ini. Peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan software ini sendiri meningkat secara signifikan, hal ini terlihat dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “ Pelatihan Penggunaan Software Kinovea pada Guru Penjas Di Kabupaten keerom” Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan ini dapat menambah khasanah keilmuan bapak dan ibu guru dalam melakukan penilaian penjas di sekolah. Perkembangan zaman yang ada juga yang mana serba digital dapat disinergikan dalam tugas bapak ibu guru sebagai guru penjas. Dengan demikian, kegiatan PKM ini telah memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan khususnya dalam melakukan penilaian yang selama ini belum memanfaatkan dunia digital.References
Dlis, F., Kesehatan, P. J., & Rekreasi, D. (2017). Model Gerak Dasar Manipulatif Berbasis Play Games Pada Anak Usia Sekolah Dasar Rawamangun. Jurnal Unj, 02(Vol 2 No 01 (2017): Prosiding Seminar Fik Unj, Volume 02 Nomor 01, Tahun 2017). Https://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Prosidingfik/Article/View/9017
Faridah, T. N. (2021). Meningkatkan Karakter Generasi Muda Di Era 5.0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V5i3.2145
Layn, M. R., & Dan Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. In Analisis Kesalahan Siswa …| (Vol. 95). Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Matematika/Article/View/855/725
Putri, M. L., & Subekti, H. (2022). Pensa E-Jurnal?: Pendidikan Sains Analisis Prestasi Belajar Siswa Dan Keterlaksanaan Process Oriented Guided Inquiry Learning Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Pensa E-Jurnal, 10(2). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pensa
Qori Fanani, & Janes Jainurakhma. (2020). Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komtekinfo, 7(4). Https://Doi.Org/10.35134/Komtekinfo.V7i4
Salsabila, U. H. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam. In Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 5, Issue 1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52166/Talim.V5i1.2775
Sobarna, A. (2022). Peningkatan Prestasi Olahraga Ditinjau Dari Konsep Ilmiah Dan Teknologi Di Koni Kota Cimahi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 9(2), 173–176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V9i2.2752
Sudarmada, I. N., & Kusuma Wijaya, I. M. (2015). Biomekanika Olahraga.
Surani, D. (2019). Studi Literatur?: Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 456–469. Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Psnp/Article/View/5797
Upu, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Dan Upaya Pemberian Scaffolding Analysis Of Student Errors In Solving Story Problems Based On Newman’s Stages And Scaffolding Efforts. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V12i01.16593
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rio Wakhid Hujjatul Islam, Siane Maria Tampi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.