PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) DAN HARGA JUAL PADA UMKM KELASAN KEMASAN ANEKA RASA DI DESA PETANANG, KABUPATEN MAUARA ENIM

Authors

  • Widya Septya Wati Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Putri Apriliani Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Puja Desti Putri Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • RM. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18817

Keywords:

Desa Petanang, Harga Pokok Penjualan, Harga Jual, Akuntansi

Abstract

Pelaku usaha Kelasan di Desa Petanang dapat memahami konsep perhitungan harga utama penjualan dan harga jual yang sempurna. Mereka juga dapat mengembangkan kelasan dengan variasi rasa yang berbeda dan mengemasnya dalam kemasan yang menarik. Hal ini diharapkan dapat membantu mengembangkan perekonomian di Desa Petanang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, ada beberapa hambatan pada pelaksanaan kegiatan ini. Beberapa pelaku usaha Kelasan masih memiliki keterbatasan pengetahuan tentang konsep akuntansi dan perhitungan harga pokok penjualan. Mereka diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang konsep akuntansi serta perhitungan harga pokok penjualan yang tepat. Disamping itu, Diharapkan dengan adanya pendampingan dan pelatihan ini, pelaku usaha Kelasan di Desa Petanang dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitar.

References

(Komariah Hildayanti & Alie, 2017). Strategi Branding Usaha Kecil Industri Pempek Kelurahan 2 Ulu Dan 26 Ilir Palembang. Junnal Abdimas Mandiri, 1 (1).

(Ilyas, M., & Hertati, L. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), 11 (2), 190-205).

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2020). Analisa Pelatihan Strategi Manajemen Penjualan Produk Umkm Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil (KB) Layang-Layang Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 697-703.

(Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022). The Sales Volume and Operating Costs as Key Influencing Factors in Covid-19 Pandemi Era. Global Journal of Accounting and Economy Research. 3(1), 83-105.

Kadeni, N. S. (2020). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.

Desa Petanang. (2023). Wilayah Geografis Desa Petanang Kabupaten Muara Enim.

(Serenade eSerenade, V., Ulfa, M., Lailiyah, N. I., & Mardiani, N. (2023). Analisis Penentuan Harga Pokok Penjualan Sepatu Thrift Singapura by Lix. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 139-144.t al., 2023)

Widiatmoko, J., Indarti, M. G. K., Puspitasari, E., & Hadi, S. S. (2020). Pendampingan penyusunan harga pokok produksi bagi pelaku UMKM di Kota Semarang. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 206-215.

Wiralestari, W., Firza, E., & Mansur, F. (2018). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pempek Pada Umkm Pempek Masayu 212. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 46-52.

Rodhiah, R., Widyani, A. I., & Winduwati, S. (2021). Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Melalui Redesain Kemasan Ukm Cap Cus Di Jambi. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6.

Pangesti, S. (2021). Penguatan Regulasi Perseroan Terbatas Perorangan Usaha Mikro Dan Kecil Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 10(1), 117.

(Leriza Anggraini, L. D., & Rosalina, W. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Sak Emkm Pada Pelaku Usaha Clothing Line. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 540-546.Desitama Anggraini Et Al., 2022)

(Tanan & Dhamaytanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan Umkm Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 1(2), 173-185.Anti, 2020)

Dewi, S. P., & Angela, J. (2021). Pentingnya Mengetahui Perbedaan Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang Dan Manufaktur. Prosiding Senapenmas, 25-34.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Wati, W. S., Apriliani, P. ., Putri, P. D. ., Hendarmin, R. R. ., Hertati, L. ., & Hildayanti, S. K. . (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) DAN HARGA JUAL PADA UMKM KELASAN KEMASAN ANEKA RASA DI DESA PETANANG, KABUPATEN MAUARA ENIM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8235–8241. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18817

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.