PELATIHAN BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SDN 124 JALIKKO, TALLU BAMBA, KEC. ENREKANG, KABUPATEN. ENREKANG PROV. SULAWESI SELATAN

Authors

  • Sam Hermansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jamaluddin Ahmad Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rais Rasak Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Ahmad Mustanir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Trisnawaty Trisnawaty Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Suleha Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18631

Keywords:

Anak, Orientasi, Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari program bimbingan belajar bahasa Inggris adalah untuk membantu anak-anak membiasakan diri dengan bahasa Inggris dasar dan mampu mengucapkan kata-kata dan frasa dasar  bahasa Inggris yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Lokasi pengabdian  masyarakat terkait bimbingan belajar bahasa Inggris siswa SD adalah RT 17 dan 20 RW VI, SD Negeri 124 Jalikko, Tallu Bamba, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang Prov. Sulawesi Selatan. Layanan ini mencakup 20 siswa SD kelas 4-6 yang tinggal di RT 17 dan RW 20 VI, SD Negeri 124, Jalikco, Tallus Bamba. distrik Waktu yang dibutuhkan untuk kursus bahasa Inggris ini adalah tiga bulan. Metode penerapan partisipasi masyarakat dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar adalah metode sosialisasi, metode pelatihan, dan metode pengajaran. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak sangat senang dan tertarik dengan program pengajaran bahasa Inggris. Pada awal sesi les bahasa Inggris, anak-anak mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. Setelah pertemuan ketiga, mereka  mulai mengucapkan kata-kata dengan benar, meskipun masih terdapat beberapa kesalahan dalam pengucapan. Metode pembelajaran yang digunakan untuk membimbing dan melatih anak antara lain bermain, bernyanyi, menggaung, bersuara, dan bermain peran. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa SD sebelum diinstruksikan menunjukkan bahwa dari 20 siswa SD yang mengikuti ujian, hanya satu yang lulus dan 19 gagal. IPK keseluruhannya adalah 57. Hal ini menunjukkan bahwa mereka harus mengikuti instruksi dalam bahasa Inggris. Hasil tes setelah belajar bahasa Inggris menunjukkan, dari 20 siswa SD yang mengikuti ujian, semuanya lulus. Hal ini terlihat dari nilai tesnya. Data menunjukkan bahwa 8 anak mempunyai nilai antara 60 sampai 69 dan 12 anak mempunyai nilai antara 70 sampai 79. Rata-rata nilai 20 anak adalah 70. Dengan demikian, les bahasa Inggris untuk anak SD dapat meningkatkan hasil belajar anak.

References

Agung, Aa Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Penerbitan Aditya Media.

Antara, Putu Aditya. (2015). “Pengembangan Bakat Seni Di Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Ilmiah Visi Pptk Paudni Volume 10 Nomor 1.

Antara, Putu Aditya. (2019). “Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik”. Visi Jurnal Ilmiah Pgtk Paud Dan Dikmas, Volume 14, Nomor 1.

Antara, Dkk. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak”. Jurnal Forum Sains, Volume 24 Nomor 2.

Antara, Putu Aditya. (2017). “Menelaah Fenomena Kelas Kreatif Di Tk Di Bali”. Seminar Nasional Jurnal Penelitian. Halaman. 726.

Antara, Putu Aditya. (2017). “Fonem Anak: Desain Pemerolehan Bahasa Pertama (Studi Kasus Pemerolehan Fonem Anak Pada Masa Praoperasional)”. Purwadita, Jilid 1 Nomor 1.

Ardiana, Dan Syamsul Sodiq. 2000. Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka. Arikunto, Suharsim., Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aksara Bumi.

Ariyanti, Tatik. (2016). “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, Volume 8, Nomor 1, (Hlm. 58).

Asiyah. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Animasi Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kota Bengkulu”. Jurnal Pendidikan Anak Jilid 4 Nomor 1.

Astuti, Dan Ummu Habibah. (2015). “Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif Di Kelompok A Tk Pertiwi I Jirapan Tahun 2014/2015”. Prosiding Seminar Nasional Unmu Surakarta.

Astuti, Ria. (2017). “Penerapan Pembelajaran Bilingual Di Tk Inklusi”. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3, Nomor 2 (Hlm. 120).

Astutik, Yuli Dan Choirun Nisak A. (2017). “Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Tk”. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Volume 17, Nomor 2 (Hlm. 187). 80

Bredekamp, Sue & Copple, Carol. 1997. Praktik Sesuai Perkembangan Dalam Program Anak Usia Dini. Washington: Naeyc.

Bromley. (2011). “Keberagaman Dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Finlandia Dalam Perspektif Sejarah Dan Komparatif”. Jurnal Kerjasama Internasional Bidang Pendidikan, Volume.14, Nomor 2.

Brown, Hd 1980. Prinsip Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa. London: Manusia Panjang

Cameron, L. 2010. Mengajar Bahasa Kepada Pembelajar Muda. Cambridge: Piala.

Candiasa, Aku Membuat. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi Iteman Dan Bigsteps. Singaraja: Undiksha Press.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Cheriana, L Dan Purwidi Sumaryanto. (2018). “Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Montessori Di Tk Kidea Kelapa Gading Jakarta Utara.” Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 3.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Fachrurrozi, Aziz Dkk. 2016. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional Dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo.

Fauzia. (2016). “Metode Tpr (Total Physical Response) Sebagai Alternatif Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Tahap Awal Pada Anak”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 1, (Hlm. 21-22).

Fatmawati, Suci Rani. (2015). "Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik". Jurnal Lentera. Jilid 28, Nomor 1.

Gulo, Dkk. (2015). “Peningkatan Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Khatulistiwa Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 4, Nomor 3, (Hlm. 3-4).

Hildayani, Rini. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Hurlock, Eb 1978. Perkembangan Anak Volume 2. Terjemahan Med. Meitasari. Jakarta: Erlangga.

Koyan, I Wayan. 2012. Buku Ajar 2012: Statistika Dua: Analisis Varians, Kovarians Dan Jalur. Singaraja: Pers Universitas Pendidikan Ganesha. 81

Kurniati, Erisa. (2017). “Perkembangan Bahasa Anak Dalam Psikologi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volume 17, Nomor 3 (Hlm. 48).

Larsen Freeman, D. 1986. Teknik Dan Prinsip Dalam Pengajaran Bahasa. New York: Pers Universitas Oxford.

Berkelanjutan, Puji. (2016). “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf Di Tk Psm 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Care, Volume 3, Nomor 2 (Hal. 38).

Liyana, Astien Dan Mozes Kurniawan. (2019). “Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5–6 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3, Nomor 1 (Hlm. 228-229).

Lubis, Hilda Zahra. (2018). Metode Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal Raudhah, Volume 6, Nomor 2.

Mazhabi, Zobi. (2019). "Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan". Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jilid 1, Nomor 2.

Miranti, Dkk. (2015). “Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Pada Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Jilid 2, Nomor 2 (Hlm. 169-170).

Mulyana, Dkk. (2018). “Penerapan Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (Sd)”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 4, Nomor 2 (Hlm. 176).

Mustafa, Abu Sa'at. 2007. 30 Strategi Mendidik Anak. Jakarta:

Perpustakaan Magfiroh Ngatiyo. (2017). “Mengajar Anak Usia Dini Melalui Bermain”. Jurnal Pendidikan Horizon, Volume 6, Nomor 2 (Hlm. 165).

Qudsyi, Hazhira. (2010). “Optimalkan Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Perkembangan Otak”. Buletin Psikologi, Volume 18, Nomor 2 (Hlm. 99).

Ramadhani, Aulia Ade. (2014). “Efektifitas Metode Total Physical Respon Dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Bahasa Jerman Di Sma Negeri 1 Jetis Bantul”. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 2. 82

Ridho, Dkk. (2015). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pada Keluarga Berencana Cerdas Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal”. Jurnal Penelitian Humaniora, Volume 16, Nomor 2 (Hal. 62).

Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksternal Lainnya. Bandung: Tarsito.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. Salnita. (2019). “Pemerolehan Bahasa Untuk Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3, Nomor 1.

Sariyati, Es. (2017). “Efektifitas Penggunaan Metode Total Physical Respon Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Volume 11, Nomor 1 (Hlm. 47).

Sayd, Dkk. (2018). “Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar Di Inpres Liliba Kupang”. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Volume 3, Nomor 1.

Scott, Wa 2006. Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak. New York: Longman Group Uk Ltd.

Setyadi, Bambang. 2006. Pengajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing. Jakarta: Graha Ilmu. Sinaga, Boneka Juwita Dkk. (2017). “Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Desa Buliang Rw 18”. Minda Baharu, Jilid 1, (Halaman 35-36).

Siron, Yubaedi. (2016). “Analisis Kemampuan Penggunaan Kata Kerja Pada Anak Usia 5 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Nomor 2 (Hlm. 849).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Abjad. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Abjad.

Supriyadin. (2016). “Identifikasi Penggunaan Kosakata Standar Dalam Wacana Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Wera 1 Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mandala, Volume 2, Nomor 2 (Hlm. 151).

Suryana Dan Nenny Mahyuddin. 2014. Dasar-Dasar Pendidikan Tk. Jakarta: Universitas Terbuka Tarmansyah. 1996. Gangguan Komunikasi. Jakarta : Depdikbud. 83

Tyaningsih, Annisa Rachmani. (2016). “Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Proses Pemerolehan Bahasa Pertama”. Jurnal Barista. Jilid 3, Nomor 1. Uu No. 20 Tahun 2003. Tersedia Di Sindikker.Dikti.Go.Id/Uu/Uu20-2003-

Sisdiknas.Pdf (Diakses 20 November 2019). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wasid, Iskandar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya.

Wibawa, Basuki Dan Farida Mukti. 1992. Media Pengajaran. Jakarta: Dikti.

Wijayatiningsih, Dan Dodi Mulyadi. (2014). “Pemanfaatan Model Total Physical Respon And Repetition Untuk Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini/Tk”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Jilid 31, Nomor 1.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada. Yamin Dan Sabri Jamilah. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gp Pers

Yogatama, A. (2011). “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun Ditinjau Dari Sudut Morfosintaks”. Jurnal Lensa, Volume 1, Nomor 1. Yusuf, Syamsu. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Hermansyah, S. ., Ahmad, J. ., Rasak, M. R. ., Mustanir, A., Hanafi, M. ., Trisnawaty, T., & Suleha, S. (2023). PELATIHAN BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SDN 124 JALIKKO, TALLU BAMBA, KEC. ENREKANG, KABUPATEN. ENREKANG PROV. SULAWESI SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7038–7044. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18631

Similar Articles

<< < 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.