PELATIHAN BERCERITA DENGAN BIG BOOK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERBAHASA ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.18166

Keywords:

Bahasa, Bercerita, Lagu, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini karena bahasa digunakan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak yaitu bercerita dengan menggunakan big book dan lagu. Anak merasa senang ketika dalam pembelajaran terdapat kegiatan bercerita dan lagu. Mereka lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Guru di TK internasional milik Indonesia yang berada di Malaysia sudah melakukan kegiatan bercerita namun dengan buku yang berukuran kecil dan tanpa diiringi dengan lagu sehingga anak mengalami kesusahan dalam menerima informasi/materi yang disampaikan. Ukurannya yang kecil membuat anak tidak begitu jelas melihat gambar tersebut. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan praktik langsung. Desain penelitian yang digunakan yaitu one goup pretest posttest. Peserta dalam pelatihan ini adalah seluruh anak kelompok A1 yang berada di TK ini yang berjumlah 17 anak. Hasil yang diperoleh yaitu saat pretest memperoleh skor sebesar 35% dalam kriteria “rendah” dan saat posttest memperoleh skor sebesar 76% dalam kriteria “tinggi”. Hal ini menunjukkan setelah dilakukan pelatihan kemampuan anak dalam membaca permulaan meningkat.   Kata kunci: Bahasa, Bercerita, Lagu, Anak Usia Dini   Abstract Language development is an important aspect that must be developed from an early age because language is used by a person to interact with other people. One fun activity that can stimulate children's language development is telling stories using big books and songs. Children feel happy when in learning there are storytelling activities and songs. It is easier for them to understand the material presented. Teachers in Indonesia's international kindergartens in Malaysia have carried out storytelling activities but with small books and no songs accompanied so that children experience difficulties in receiving the information/material conveyed. Its small size makes it difficult for children to see the picture clearly. This activity uses the lecture method and hands-on practice. The research design used was one group pretest posttest. The participants in this training were all 17 children in group A1 who were in this kindergarten. The results obtained were when the pretest obtained a score of 35% in the "low" criteria and when the posttest obtained a score of 76% in the "high" criteria. This shows that after the training the children's ability to read at the beginning increases.   Keywords: Language, Storytelling, Songs, Early Childhood

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris Melalui Flash Card. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274–279. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/40594

Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 192–202. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/18994

Chandra, Mayarnimar, & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca dAan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/100050

Dorlina, N., Rinakit, K., Komalasari, D., & Rosalianisa, R. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos PaudTerpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/15208

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290

Kamtini, & Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Rakimahwati, Lestari, N. A., & Hartati. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 102–110. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/13

Rantina, M., Hasmalena, H., & Nengsih, Y. K. (2021). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578–1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891

Sholichah, S. A., & Simatupang, N. D. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 1–11.

Simatupang, N. D., Adhe, K. R., Widayati, S., & Sholihah, S. A. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children’s Vocabulary Acquisition. Child Education Journal, 4(2), 139–158. https://doi.org/10.33086/cej.v4i2.3164

Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., Rosalianisa, R., Adhe, K. R., Widayati, S., & Kurnianingtyas, I. (2021). Music Enhancing Young Learner’s Creativity. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 189–201. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i8.2880

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1130–1141. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4067

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2022). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Widat, F., Al Anshori, H. A., Amir, Istiqamah, N., & Litfiyati, L. (2022). Pengenalan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2573–2582. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2028

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Simatupang, N. D., Widayati, S. ., & Adhe, K. R. . (2023). PELATIHAN BERCERITA DENGAN BIG BOOK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERBAHASA ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13184–13190. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.18166

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.