ENTREPRENUER DIGITAL FOR STUDENT PADA SMA DAN SMK DESA PERTUMBUKAN KEC. WAMPU KABUPATEN LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18040Keywords:
Entrepreneur, Siswa SMA Al-IKHSANAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan jiwa entreprenuer pada siswa SMA Al-IKHSAN Desa Pertumbukan Kec. Wampu Kabupaten Langkat sebagai salah satu soft skill yang perlu dikembangkan generasi muda. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan tercipta lapangan pekerjaan baru yang mandiri di masa mendatang sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Program ini diharapkan para remaja sasaran dapat menghasilkan barang-barang dalam bentuk pembuatan handycraft seperti kolase, gantungan HP, dan woodcraft sebagai cikal bakal usaha untuk dikembangkan. Selain itu program ini mengadakan pelatihan guna meningkatkan soft skill seperti pelatihan manajemen pengelolaan usaha. SMA Al-IKHSAN Desa Pertumbukan Kec. Wampu Kabupaten Langkat ini merupakan salah satu sekolah swasta Kec. Wampu Kabupaten Langkat. SMA ini memiliki dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Fenomena yang ditemui di lapangan bahwa siswa SMA Al-IKHSAN masih memiliki pemahaman yang rendah di bidang entrepreuer. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan yang tepat untuk siswa SMA Al-IKHSAN, membuat suatu kegiatan yang berkelanjutan secara mandiri bagi mereka untuk dapat produktif dan mampu menciptakan setidaknya lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri. Hal ini dikhususkan untuk terbentuknya jiwa entrepreneurship handal yang dilakukan oleh civitas akademika yang tertuang dalam pengabdian dosen. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dalam beberapa hari dimulai dari observasi lapangan sampai dengan kegiatan pengabdian yang berisi memotivasi, memberi informasi dan pelatihan tentang jiwa Entrepreneur secara dini.References
Ade Suyitno, Fitranty. 2011. Mengembangkan Industri Kreatif Berbasis Local Wisdom dengan
Pendekatan Triple Helix. Bandung: IPB.
Gugup Kismono. 2001. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
http://blog.sribu.com/2013/05/07/15-hal-pengusaha-sukses/
http://bisnisukm.com/bagaimana-cara-mengatasi-resiko-bisnis.html
Indriyo Gitosudarmo. 2008. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Rini, Puspa. 2010. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Oleh Pemuda Dalam
Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global. Jakarta: Jurnal UI untuk Bangsa
Simatupang, TM. 2008. Perkembangan Industri Kreatif. Paper. Bandung: SMB ITB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Saraswati, Fahmi Kurniawan, Randi Rian Putra, Ardhansyah Putra Hrp
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.