EFEKTIFITAS PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA MEKARJAYA

Authors

  • Rizka Nurfadilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi Priyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.17953

Keywords:

Efektivitas, Pelayanan, Pelayanan Publik

Abstract

Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi peningkatan pelayanan publik. Pelayanan masyarakat dapat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan. Keberhasilan meningkatkan efektifitas pelayanan umum ditentukan oleh factor kemampuan pemerintah dalam meningkatkan disiplin kerja aparat pelayanan. Rendahnya kualitas pelayanan public merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat . indikatornya, Dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada di istansi tersebut.

References

Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan

Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102-110.

Ibrahim, H. A. (2008). Teori dan konsep pelayanan publik serta implementasinya.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan

pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2).

Napitupulu, P. (2007). Pelayanan publik & customer satisfaction.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y

& Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Mulyadi, D., Gedeona, H. T., & Afandi, M. N. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan

Publik: Konsep & Praktik Administrasi dalam Penyusunan SOP, Standar Pelayanan,Etika

Pelayanan, Inovasi Untuk Kinerja Organisasi

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Nurfadilah, R., & Priyanti, E. . (2023). EFEKTIFITAS PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA MEKARJAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 6998–7001. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.17953

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.