PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM PENGEMBANGAN POJOK MEMBACA SDN 65 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17465Keywords:
Pendidikan, Literasi, Pojok BacaAbstract
Membaca merupakan suatu kegiatan yang penting dalam proses belajar mengajar, karena membaca adalah kemampuan penyerapan suatu ilmu melalui teks atau bacaan. Kita dapat mengetahui suatu informasi dengan membaca, dan kita dapat menambah wawasan dan dapat berfikir secara kritis. Tanpa membaca, kita tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia, dan kita tidak dapat mengetahui ilmu-ilmu yang ada di dunia, maka dari itu membaca menjadi hal penting dalam pengetahuan dan belajar mengajar Pada siswa SD budaya membaca perlu diadakannya proses pembiasaan. Pembiasaan itu sendiri merupakan proses membuat sesuatu yang menjadikan seseorang terbiasa, dalam kaitannya metode pengajaran dapat dikatakan bahwa pembiasaan adalah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan siswa berfikir. Kebiasaan membutuhan kegigihan dari seorang pembimbing. Permasalahan yang muncul ke permukaan adalah rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membudayakan literasi baca[1]tulis kepada generasi muda. Anak-anak usia sekolah banyak yang lebih menyukai permainan pada gadget daripada membaca buku. Apabila hal ini dibiarkan, maka berakibat rendahnya budi pekerti dan karakter masyarakat. Apalagi anak-anak merupakan ujung tombak generasi muda yang kedepannya akan membangun peradaban masyarakat. Hal ini dapat disebabkan karena para orang tua tidak membiasakan anak-anak untuk menyukai buku sejak kecil. Kegiatan pengembangan pojok membaca di SDN 65 Kota Bengkulu telah mampu melakukan perbaikan pojok membaca sebagai upaya untuk mendukung gerakan literasi nasional. Terwujudnya pojok membaca ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya lierasi.References
Ariana, R. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1–23.
Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf
Hidayatulloh, P., & Solihatul, A. (2019). Panji Hidayatulloh1), Ayu Solihatul2), Endah setyo3), Rosita Husna Fanantya4), Sekar Mustika Arum5), Ririn Tri Utami Nurul Istiqomah6), Shandy Novilia Purwanti7. Peningkatan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Pojok Baca Di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu, 1(1), 6–11.
Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (2020). Penataan Ruang Pojok Baca Cendekia di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan. Buletin Udayana Mengabdi, 19, 283–289.
Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Ramadhanti, N. N., & Julaiha, S. (2019). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.1724
Rofek, A. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Giat Literasi dan Pojok Perpus Di SD Islam Ulil Albab Kecamatan Panarukan. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i1.182
Rusli, M., et al. "Pojok Literasi di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah, Pejuang Harapan Indah Bekasi." ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2022): 36-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadila Berliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.