MENINGKATKAN PERAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA BAROKAH JAYA DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN DESA (PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DESA NAGRAK, BUAH DUA, SUMEDANG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17460Keywords:
Bumdes, Ketrampilan Manajerial, Rencana BisnisAbstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barokah Jaya merupakan sebuah BUMDes yang baru mulai beroperasi berada di Desa Nagrak Kecamatan Buah Dua Kabupaten Sumedang dengan unit usaha antara lain konveksi, unit usaha perdagangan, unit usaha peternakan, unit usaha restribusi air. Pengeloalaan BUMDes tersebut dikelola oleh 6 (enam) orang pengurus yang terdiri dari Direktur, Bendahara, Sekretaris dan dibantu oleh empat orang kepala unit usaha. Dalam pengelolaannya BUMDes masih mengalami kesulitan terutama dalam managerial skill (ketrampilan manajerial). Kemampuan dalam mengelola BUMDes masih perlu ditingkatkan terutama pada bidang manajemen keuangan, akuntansi, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia. Tujuan dari kegiatan Pengamdian Kepada Masyrakat (PKM) Universitas Sangga Buana Direktorat Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen dan Magister Akuntansi adalah untuk meningkatkan kemampuan manajerial tersebut. Adapun metode yang digunakan dengan maksud tujuan tersebut adalah dengan workshop, pemaparan materi, pembimbingan, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat dari tim Direktorat Pascasarjana Universitas Sangga Buana sudah dapat dirasakan namun memang belum seratus persen semua hasil workshop dan pemaparan materi dapat di implementasikan, namun saat ini pencatatan akuntansi sudah dilakukan walaupun sebatas pembuatan arus kas, sudah aktifnya media sosial untuk sarana pemasaran, sedang merintis usaha (business plan) pipanisasi air bersih.References
Andini, D., & Yusrawati. (2015). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akutansi, 24(Juni 2015), 65–82.
Desa PDTT, K. (2021). Peraturan Menteri Desa PDTT Tentang Badan Usaha Milik Desa. No. 3.
Fani, S. V., & Subriadi, A. P. (2019). Business continuity plan: Examining of multi-usable framework. Procedia Computer Science, 161, 275–282. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.124
Gerald, S., & Sam, V. (2007). The Business Plan?: How to Win Your Investors’ Confidence. In Handbook of Mental Health Administration and Management. Springer. https://doi.org/10.4324/9780203782453-31
Guspendri, N., & Candra, R. (2020). Pengaruh Pembiayaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Jurnal Pasar Modal Dan Bisnis, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37194/jpmb.v2i1.36
Kartomo, & Sudarman, L. (2019). Dasar-Dasar Akuntansi (1st ed.). Deepublish.
Kotler, P. (2016). Marketing Strategic (Sixth ed). McGraw-Hill.
Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3
Republik Indonesia, P. (2021). Peraturan Pemerintah Tentang Badan Usaha Milik Desa. No. 11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Taufik Zulfikar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.