PENERAPAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PADA PELAKU UMKM DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Andika Isma Universitas Negeri Makassar
  • Fajriani Azis Universitas Negeri Makassar
  • Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana Universitas Patompo
  • Soemarno Hidayatullah S Universitas Patompo
  • Rizka Aisyah Nurjannah Universitas Patompo
  • Suharto Suharto Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17170

Keywords:

Digital Entrepreneurship, Peningkatan Penjualan, UMKM Syariah

Abstract

Digital Entrepreneurship merupakan topik yang cukup menarik menjadi pembahasan karena seiring perkembangan teknologi yang makin canggih dan kemajuan infrastruktur sehingga menciptakan berbagai peluang bagi masyarakat atau para entrepreneur. Perhatian masyrakat tekait peningkatan penjual yang diakibatkan penerapan Digtal Entrpreneurship masih sangat kurang, sehingga tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis penerapan digital entrepreneurship terhadap Peningkatan Penjualan pada pelaku UMKM di Kota Makassar. Penelitian ini mengumpulkan data dengan mengumpulkan survei dikalang pelaku UMKM Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Digital Entrepreneurship sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjulan, dan merupakan satu topik yang relevan untuk dibahas. Disatu sisi tantangan Digital Entrepreneurship sangat bergam. Infastruktur teknologi yang terus maju dan teknologi digital yang terus menawarkan perkembangan baru kepada masyarakat.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Blank, S. (2013). Why The Lean Start-Up Changes Everything. Harvard Business Review, 91(5), 63–72. https://hbr.org/2013/05/why-the-lean-start-up-changes-everything

Cahyani, Z. E. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Jurnal AKRAB JUARA, 5(2), 85–95.

Cavallo, A., Cosenz, F., & Noto, G. (2023). Business model scaling and growth hacking in digital entrepreneurship. Journal of Small Business Management, 1-28.

Cavallo, A., Ghezzi, A., Dell'Era, C., & Pellizzoni, E. (2019). Fostering digital entrepreneurship from startup to scaleup: The role of venture capital funds and angel groups. Technological Forecasting and Social Change, 145, 24-35. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.04.022

Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5). https://doi.org/10.22215/timreview1076

Henrekson, M., & Stenkula, M. (2010). Entrepreneurship and public policy (pp. 595-637). Springer New York. http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4419-1191-9_21

Huda, N., Gani, A. N., Rofi’i, M., Rini, N., & Rosmelani, R. (2021). Pemberdayaan pada Kelompok Usaha Warung Sejahtera melalui Pelatihan dan Pembentukan Koperasi Syariah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(2). http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6256

Kraus, S., Palmer, C., Kailer, N., Kallinger, F. L., & Spitzer, J. (2019). Digital entrepreneurship: A research agenda on new business models for the twenty-first century. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 25(2)

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Daud, I. (2021). Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan “Digital Entrepreneurship” Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kerinjing Ogan Ilir Sumatera Selatan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 627-635. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6156

Nambisan, S. (2017). Digital entrepreneurship: Toward a digital technology perspective of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029–1055.

Rahmayanti, N. P. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Al-KALAM: Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 10(1), 28-36. http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Stam, E. (2015). Entrepreneurial ecosystems and regional policy: a sympathetic critique. European planning studies, 23(9), 1759-1769. https://doi.org/10.1080/09654313.2015.1061484

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Isma, A. ., Azis, F. ., Alisyahbana, A. N. Q. A. ., S, S. H., Nurjannah, R. A. ., & Suharto, S. (2023). PENERAPAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PADA PELAKU UMKM DI KOTA MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5519–5525. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17170