PERANAN KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA PEGAWAI DKLH PROVINSI BALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17057Keywords:
Kompetensi, Kualitas kerja, Kinerja PegawaiAbstract
Dalam era globalisasi, peningkatan sumber daya manusia terhadap pengembangan manajemen organisasi merupakan syarat utama agar mampu bersaing dan mandiri. Sehubungan dengan itu konteks pembangunan pemerintahan dimasa depan adalah mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, mampu bersaing dan mengantisipasi perkembangan dunia yang pesat dari berbagai aspek kehidupan sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan serta kinerja yang tinggi. Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali menerapkan model kompetensi yang berintegrasi berdasarkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang dimiliki oleh setiap pegawai sebagai tolak ukur penilaian kinerja agar dapat mempermudah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab secara efektif dimana hal ini sebagai dasar pengembangan sumber daya manusia. Seorang pegawai memiliki kompetensi tinggi apabila pegawai tersebut memiliki pengalaman kerja, latar belakang pendidikan yang mendukung profesi, memiliki keahlian/pengetahuan dan memiliki keterampilan. Kompetensi memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas kerja sehingga kinerja pegawai sesuai target dan harapan. Kemajuan suatu instansi dipengaruhi oleh kompetensi dari setiap pegawainya. Setiap instansi atau organisasi akan terus berusaha meningkatkan kualitas kerjanya agar dapat mencapai hasil kerja yang baik dan memuaskan.References
Aldi, Y., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Stress Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Frisian Flag Indonesia Wilayah Padang.
Arimby, E. D. (2016). Pengaruh Kompensasi, Prestasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Leo Utama Motor
Atoriq, R. (2021, October 7). Pengertian Kualitas Kerja - Diwarta News. Diunduh dari: https://www.diwarta.com/2021/10/08/pengertian-kualitas-kerja.html tanggal 25 Juli 2023
Bintoro, D., & Daryanto, D. (2017). Manajemen penilaian kinerja karyawan. Yogyakarta: Gava Media, 15.
Ceswirdani, C., Sjafitri, H., & Candra, Y. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Kuranji. Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 23-37.
Farisi, S. (2022). Anteseden Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(2), 190-203.
Humas Menpanrb. (2018, January 22). Tiga Kompetensi Kunci Wajib Dimiliki ASN. Menpan.go.id. Diunduh dari: https://www.menpan.go.id/ tanggal 25 Juli 2023
Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Sari, C. F., Assajad, I. M., & Ansori, M. I. (2023). Kompetensi Individu (Individual Competence). Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 201-214.
Yanti, M. (2022). Profesionalisme Aperatur Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Kantor Camat Sekernan Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral Dissertation, Ilmu Pemerintah).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Kadek Nofianti, Bagus Gede Ari Rama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.