MENGEMBANGKAN KOMPETENSI ANAK ASUH PADA PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK MELALUI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Wustari L. Mangundjaya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tri Widyastuti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ni Yoman Sawitri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16558

Keywords:

Pelatihan, Wirausaha, Remaja, Panti Sosial Asuhan Anak.

Abstract

Menuju Indonesia maju memerlukan berbagai kompetensi yang berbeda, sehinga program pengembangan kompetensi diperlukan oleh semua SDM di Indonesia termasuk didalamnya anak remaja yang berada pada Panti Sosial Asuhan Anak.  Program pelatihan ini dilakukan pada Panti Sosial Asuhan Anak di Jakarta Timur yang pantinya terdiri dari anak remaja wanita.  Sebanyak 60 orang partisipan mengikuti program pengembangan kewirausahaan ini.  Program ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pengembangan organisasi melalui intervensi manajemen SDM.  Berdasarkan analisis program pengembangan organisasi tersebut, diperoleh informasi bahwa anak asuh yang berada di panti tersebut memerlukan pengembangan kompetensi kewirausahaan utnuk menjadi bekalnya kelak setelah keluar dari Panti.  Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap menjadi wirausaha, jadi tidak hanya sekedar wacana, tetapi juga pengembangan sikap dan keterampilan. Program pelatihan dilakukan dengan cara experiential learning, dengan berbagai simulasi dan permainan, maupun kegiatan pemberdayaan life-skills, dengan cara memelajari materi daur ulang yang dapat dijadikan berbagai produk yang dapat menghasilkan uang.  Hasil evaluasi menunjukkan bahwa partisipan menyukai dan merasakan manfaat dari program pelatihan yang diberikan.

References

Essel, K. B. Cobbina, Adams, F dan Amankwah, K (2019) Effect of entrepreneur, firm, and institutional characteristics on small-scale firm performance in Ghana, 2019, Journal of Global Entrepreneurship Research. Vol 9 (55), pp. 1-20.

Cummings, T.G dan Worley, C.G (2018). Organization development and change, 11th edition. New York.: Cencage Learning.

Hurlock, E.B (2017). Child Development, 6th edition, New York: McGraw Hill Education.

Indarto dan Santoso, D (2020) Karakteristik wirausaha, karakteristik usaha dan lingkungan usaha penentu kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13 (1) (2020) 54-69.

Mangundjaya, W.L dan Pendjol. I (2022), Pendampingan pengembangan organisasi melalui pendekatan SWOT dan Appreciative Inquiry pada Panti Asuhan di Jakarta, Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 6, No 2, November 2022, hal 2016-219.

Mangundjaya, W.L (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi, Surabaya: Jakad Media Publishing.

Mangundjaya, W.L.H (2017). Pelatihan dan Pengembangan Karyawan, Jakarta: Swascita Publishing.

Rothwell, W.J, Stavross, J.M, Sullivan, R (editors) (2015) Practicing Organization Development: Leading Transformation and Change (J-B O-D (Organizational Development) 4th Edition, New York: Wiley.

Santrock, J.W (2005), Child Development, New York: McGraw Hill.

Zimmerer, T. W (2008), Essentials of entrepreneurship and small business management. 4th edition, New Jersey: Pearson Education.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mangundjaya, W. L., Widyastuti, T. ., & Sawitri, N. Y. . (2023). MENGEMBANGKAN KOMPETENSI ANAK ASUH PADA PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK MELALUI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5252–5259. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16558