PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI BAN KHLONG THOM THAILAND

Authors

  • Edo Renaldi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Mardiana Mardiana Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Medi Yansyah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Fungky Marian Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Takeem Kundee Eakkapapsasanawich Islamic School

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16255

Keywords:

Pendidikan, Bahasa, Budaya

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan dan bahasa memiliki hubungan yang saling terikat satu sama lain. Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan karena digunakan sebagai alat komunikasi utama dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan bahasa, siswa dapat berinteraksi, menyampaikan ide, gagasan, dan pemikirannya. Selain itu, bahasa juga sebagai bentuk pengenalan diri, budaya sendiri, dan juga budaya orang lain. Masyarakat Thailand menggunakan bahasa Thai dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam pendidikan. Thailand terletak di Asia Tenggara dan menjadi bagian dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Untuk meningkatkan hubungan diplomatik internasional antar negara-negara di Asia Tenggara. Maka dilakukan pertukaran mahasiswa, salah satunya dengan kegiatan program PPL-KKN Terpadu. Kegiatan ini satu cara untuk memperkenalkan budaya dan bahasa. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, serta bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.     

References

D. Yestiani and N. Zahwa, “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar”, fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 41-47, Mar. 2020.

C. Sonnang, “The Coda In Khmer Loanwords In Thai: An Optimality Theory Perspective”, JMS, vol. 11, no. 3, pp. 57–83, Dec. 2015.

P. Jehwae, “Dilema Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Pengantar Pembelajaran Di Pondok Pesantren Patani Thailand Selatan, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 19, no. 02, pp. 265-275, 1.

Inanna IJEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (2018) 1(1) 27

Hoang Ha, Van Kim. "Peran Diplomasi Budaya Dalam Mewujudkan Komunitas Sosial-budaya ASEAN: Kasus Vietnam." Khazanah Pendidikan, vol. 10, no. 1, 2016, doi:10.30595/jkp.v10i1.1069.

Dadang S. Anshori, 1972- (pengarang). Etnografi komunikasi : perspektif bahasa / Dadang S. Anshori. Jakarta :; Kharisma Putra Utama Offset: PT RajaGrafindo Persada,, 2017; ©2017.

Fatihaturosyidah, Fatihaturosyidah. Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Bagi Pembelajar Usia Dini. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2019.

Niko, Nikodemus; Pascasarjana Sosiologi, and FISIP Program Pascasarjana Sosiologi. Kesamaan Dialek Bahasa Thailand (Phasa Thai; ???????) Dan Bahasa Dayak Benawan Kalimantan Barat. Universitas Majalengka, 2020.

Nurhasanah, N. (2017). Peranan Bahasa Sebagai Mata Pelajaran Wajib di. Indonesia. Eduscience. vol. 2, no. 2. 87-93. Pramuki, E. (2014).

Devianty, Rina, “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 24,. No. 2,(2017), hal. 226-245.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Renaldi, E. ., Mardiana, M., Yansyah, M. ., Marian, F. ., & Kundee, T. . (2023). PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI BAN KHLONG THOM THAILAND. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4994–4998. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16255

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.