FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PETERNAK DALAM MENINGKATKAN USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Rahmawaty A. Nadja Universitas Hasanuddin
  • Hikmawaty Hikmawaty Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Sitti Halimah Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16214

Keywords:

Perilaku Peternak, Asuransi Ternak, Sapi Perah

Abstract

Perilaku peternak menjadi aspek yang cukup menentukan dalam usaha peningkatan usaha ternak sapi perah, disamping aspek teknis dan sosial ekonomi.  Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku peternak dalam meningkatkan usaha sapi perah di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Penentuan responden dilakukan secara random terhadap 72 orang peternak. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas yaitu pengetahuan (X1), pasar (X2), asuransi (X3), dan regulasi pemerintah (X4) terhadap perilaku peternak (Y) secara parsial dan simultan. Melalui SPSS24, hasil analisis menunjukkan beberapa variabel tersebut mempengaruhi perilaku peternak dalam meningkatkan usaha sapi perah di wilayah ini, meski faktor regulasi pemerintah bukan menjadi faktor utama.

References

Aziz, G.A., Kartawan & Rahmat, B. 2020. faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pengembangan Peternakan Sapi Perah Rakyat Di Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Agribussines System Scientific Journal 1(1) : 15-29 https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/assj/article/download/2595/1584#

[DJPKH] Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2015. Pedoman Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Jembrana. Ditjennak, Jakarta(ID).

Fadli, M.K., Gustiana, C., Saragih, F.H. & Basriwijaya, K.M.Z. 2022. Pengaruh Aspek Perilaku Terhadap Pendapatan Peternak Sapi Aceh (Bos-Bibos) Di Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa. Jurnal Inovasi Pertanian 2(11) : 3709-3718 https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1413/1103

Fauzi, M., Sulistyati, M. & Winaryanto, S. 2015. Hubungan Perilaku Komunikasi Interpersonal Dengan Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi Peternak Dalam Beternak Sapi Perah. Student e-Journals 4(3) : 1-11 https://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/7118

Kementerian Pertanian, 2017. Peternak Sapi Perah Didorong Ikut Asuransi, Ini Rasionalisasinya. http://Bisnis.com/Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan. Diakses 7 Agustus 2019.

Listiyowati, A.A., Cahyono, D.S. & Sumaryanto. 2021. Perubahan Perilaku Peternak Sapi Perah Terhadap Penggunaan Tepung Daun Sirih Untuk Mencegah dan Mengobati Mastitis di Desa Bandungrejo Kecamatan Ngablak. Jurnal Penelitian Peternakan Terpadu 3(4) : 13-23 https://jurnal.polbangtanyoma.ac.id/jppt/article/view/720

Nainggolan, R.R.E. 2017. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pengelolaan Ternak Sapi Perah Di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja 7(2) : 127-138 https://ejournal.ipdn.ac.id/JIWBP/article/view/96/73

Notoatmodjo, S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Edisi II. Rineka Cipta, Jakarta

------------------. 2010. Promosi Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Nurdiansyah, I., Suherman, D. & Putranto, H.D. 2020. Hubungan Karakteristik Peternak dengan Skala Kepemilikan Sapi Perah di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Buletin Peternakan Tropis 1(2) : 64-72 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/buletin_pt/article/view/13609

Oktariani, A., Daryanto, A. & Fahmi, I. 2016. The Competitiveness Of Dairy Farmers Based Fresh Milk Marketing on Agro-Tourism. International Journal of Animal Health and Livestock Production Research 2(1): 18-38 https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/The-Competitiveness-of-Dairy-Farmers-Based-Fresh-Milk-Marketing-On-Agro-Tourism.pdf

Rusdiana, S.& Suharsono. 2019. Upaya Pencapaian Daya Saing Usaha Sapi Perah Melalui Kebijakan Pemerintah dan Peningkatan Pendapatan Peternak. Agroekonomika 8(1) : 36-50 https://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/5111

Staton, William. J. 2011. http: // id. shvoong. Com / writing – and –speaking / presenting / 2069513 – perbedaan – pemasaran - dan penjualan/#ixzz1LMUTKm9. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2022

Sukma, L.A., Suparta, N. & Suparta, G. 2020. Analisis Hubungan Jiwa Kewirausahaan dan Manajemen Agribisnis terhadap Keberhasilan Usaha Peternakan Sapi Perah Di Kecamatan Pagerwojo Tulungagung Jawa Timur. Jurnal Peternakan Tropika 8(3) : 502-515 https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/download/63697/36319/

Suryadi, A. 2011. Pembangunan Masyarakat Desa. Edisi III. PT. Alumni, Bandung.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Nadja, R. A., Hikmawaty, H., & Halimah, A. S. . (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PETERNAK DALAM MENINGKATKAN USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5018–5025. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16214

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.