PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI IMPLEMENTASI E-CRM PADA TOKO GUCCI SHOES BUNUT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11984Keywords:
Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, Gucci Shoes BunutAbstract
Era era society 5.0 menghadirkan konsekuensi besar dalam dunia bisnis, dimana semua proses kegiatan bisnis sudah sangat melekat dengan teknologi. Selain itu dampak Pandemi Covid–19 mengubah perilaku aktivitas dan perilaku masyarakat Indonesia, terutama saat berbelanja. Kegiatan perekonimian menggunakan gaya tradisional, kini mereka lebih banyak mengadopsi gaya digital dengan memanfaatakan teknologi. Gucci Shoes Bunut dalam proses bibisnya masih melakukan cara konvensional hal ini memberikan dampak menurunnya pelanggan serta sangat sulit dalam melakukan proses pemasaran produk yang dihasilkan. Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka perlu diterapkan suatu strategi yang lebih baik dengan cara mengimplementasikan suatu produk teknologi komunikasi informasi yang dapat membantu usaha ini menjadi lebih efektif dalam meningkatkan layanan marketing dan customer support, serta dapat menunjang pengambilan keputusan yang lebih baik bagi pemilik usaha. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk memanjakan pelanggan agar tidak berpaling kepada pesaing serta merupakan upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penerapan sistem berbasis web dengan mengimplementasikan konsep CRM pada Gucci Bunut Shoes merupakan starategi yang tepat pada masa saat ini, dimana mampu menjawab tantangan dalam untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan yang dilakukan secara komputerisasi. Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, Gucci Shoes BunutReferences
Eva Sriwiyanti dan Sri Martina. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Millenia di Kota Pematangsiantar. 2(2), 138–147.
Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 76–81. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.16
Malawat, M. S., Harwini, D., Mulyani, N., & Hutahaean, J. (2018). E - Commerce Penjualan Menggunakan Metode Customer Relationship Management ( Crm ). Jurnal Mantik Penusa, 2(2), 98–104.
Nugraha, I. A., Rosalina, V., & Suherman. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Pada Sistem Informasi Pelayanan Jasa Meteorologi Berbasis Web. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(1), 36–44. https://doi.org/10.30656/jsii.v9i1.4390
Roisah, R., Iskandar, I., Mahanka, R., Trijumansyah, A., & Yunita, N. (2019). Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Customer Relationship Management. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 80-88, 2(1), 80–88. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=920545&val=10492&title=Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Customer Relationship Management Studi Kasus Pada Point Media Sejahtera
Rosalina, V., Harsiti, H., Suhendar, A., Saefudin, S., & Perwitasari, E. (2019). Pengenalan Perangkat Lunak E-CRM UMKM Untuk Peningkatan Loyalitas Pelanggan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Kelapa Kurung. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 19(2), 212–220. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v19i2.3825
Sari, Y., Yusda, R. A., & Nata, A. (2022). Implementation of Customer Relationship Management in the Gallery Sahabat Muslimah. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 3(2), 341–348.
Yuda Irawan. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i Dengan Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web. 2, 1–9.
Zulfadhli, Aries Veronica, Triana Agustini, Widarti, Yanti, D., Desfitrina, & Wiwin Winarsih7, Yeni Alfiana8, R. A. (2019). Kreativitas Ekonomi Saat Pandemi Covid-19 Di Desa Putak Kabupaten Muara Enim. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 William Ramdhan, Elly Rahayu, Nurwati Nurwati, Aidil Adi Suhendra, Roni Dalimunthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.