OPTIMALISASI PENINGKATAN PENDAPATAN DOSEN DISAAT LIBUR KULIAH DENGAN BERWIRAUSAHA

Authors

  • Eri Mardiani Universitas Nasional
  • Nur Rahmansyah Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Sari Ningsih Universitas Nasional
  • Endah Tri Esti Handayani Universitas Nasional
  • Deny Hidayatullah Universitas Nasional
  • Dhieka Avrilia Lantana Universitas Nasional
  • Ahmad Rifqi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16180

Keywords:

Covid19, Dosen, E-Commerce, Mobile

Abstract

Pengabdian masyarakat ini memberikan motivasi  bagi  masyarakat khususnya tenaga pengajar agar dapat melakukan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi agar dapat  meningkatkan  penggunaan teknologi  informasi dan internet untuk melakukan kegiatan pemasaran secara umum. Di pengabdian masyarakat ini topik yang diangkat adalah peningkatan pelayanan penjualan, pemasaran, pemesanan produk dari konsumen.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini agar tenaga pengajar dapat menggunakan E-Commerce berbasis Web. Dengan PKM  ini dapat  member ikan kesempatan bag i dinas/instansi agar lebih memperhatikan kesejahteraan tenaga pengajar khusunya dosen yang mengandalkan pendapatannya hanya dari mengajar dan instansi terkait dapat melakukan pendampingan untuk dapat melakukan peningkatan ekonomi mereka sehari-hari.melalui pengabdian masyarakat menghasilkan peningkatan standar kehidupan tenaga pengajar khususnya dosen yang disaat libur semester yang tidak memiliki pendapatan disaat tidak ada jadwal mengajar karena banyak tenaga pengajar atau dosen yang menggantungkan hidupnya hanya dari mengajar.

References

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2 (2), 206.

García-Peñalvo, F. J. (2020). Evaluación online: la tormenta perfecta.

Gupta, N. (2020). Digital marketing: Trends, opportunities, and challenges. Asian Journal of Management, 11(4), 434–440.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., & Al Rizky, F. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap E-commerce disaat pandemi covid 19 di Shop and Travel. Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 16(3), 212–217.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Desmana, S., & Rifqi, A. (2023). Analysis of Buyer Trust in Web E-Commerce Shop and Travel. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 20(2), 850–857.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., & Ningsih, S. (2022). PKM Meningkatkan Penjualan UMKM Dengan E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19. Jurnal Mindabaharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 234–243.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Ningsih, S., Handayani, E. T. E., & Hidayatullah, D. (2023). PKM Meningkatkan Penjualan Umkm Bagi Pelaku Bisnis Usia Lanjut Melalui Inovasi Ecommerce Disaat Pandemi Covid 19. Swadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 50–55.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Wahyudi, N. M., Wijaya, Y. F., & Al Rizky, F. (2021). Kumpulan Latihan PHP. Elex Media Komputindo.

Pradipta, Y. G. A. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi Umkm Harmoni Di Desa Kembangan Baki Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmansyah, N., Muliyani, D., Mardiani, E., & Rahman, A. (2022). Perancangan Sistem Transaksi Berbasis Web pada UKM Pangkas Rambut Tasik. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 3(1), 22–31.

Stefanny, V., & Tiara, B. (2021). Overview Perbandingan Jumlah User Fintech (Peer-To-Peer Lending) Dengan Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komputer (IPSIKOM), 9(1).

Tiara, B., Stefanny, V., Sukriyah, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2021). Inovasi di era informasi: Analisis kepemimpinan transformasional dan iklim etis di industri manufaktur. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4659–4670.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mardiani, E. ., Rahmansyah, N. ., Ningsih, S. ., Handayani, E. T. E. ., Hidayatullah, D. ., Lantana, D. A. ., & Rifqi, A. . (2023). OPTIMALISASI PENINGKATAN PENDAPATAN DOSEN DISAAT LIBUR KULIAH DENGAN BERWIRAUSAHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4962–4967. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16180

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.