PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN BAGI SARATHI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15879Keywords:
Whatsapps Business, Google My Business, Keuangan, Manajemen, PemasaranAbstract
Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Yoga Sarana Upakara dengan Sarathi Banten bernama Ketut Sri Astini yang berlokasi Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah 1) kurangnya pemahaman mitra terkait manajmen keuangan dan pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan branding produk, sehingga tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahan dan keterampilan mitra dalam manajemen keuangan dan pemasaran produk banten. Target Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah terjadi peningkatan pemahaman mitra terkait manajemen keuangan dan pemasaran produk dengan kriteria pencapaian 80-100%. Target peserta dalam PKM ini berjumlah 3 orang. Metode pelaksanaan pada Program Kemitraan Masyarakat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil analisis pemahaman mitra terkait manajemen keuangan dan branding produk bokor keben ukir menggunakan WhatsApps Business diketahui bahwa (1) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam melakukan pengelolaan dan manajemen keuangan pada usaha yang ditekuni, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham konsep manajemen keuangan dengan kategori baik, (2) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam menggunakan WhatsApps Business untuk order barang dari konsumen, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham penggunaan WhatsApps Business pada kategori baik, (3) sebelum kegiatan pemahaman mitra kurang dalam menggunakan Google My Business untuk pemalsaran produk, namun setelah pelatihan seluruh peserta (100%) paham penggunaan Google My Business pada kategori baik.References
Adhikang, L. (2019). Sarathi Banten Di Bali Antara Profesi Dan Yadnya Dalam Perspektif Persaingan Pasar Bebas. Jurnal Pangkaja Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 22(2), 77–86.
Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal SOLMA, 10(10), 224–231. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6514
Mariyatni, N. P. S., Juniariani, N. M. R., & Pratama, A. D. Y. (2021). Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pemasaran Sarathi Banten. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 162–168.
Restiana, N., & Pujiastuti, H. (2019). Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.407
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.
Wirata, G., & Handayani, M. M. (2022). Development of Craftsmen Business Group in Sulahan Village. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43410
Xaverius, F., Wibowo, P., Hernawan, E., & Simbolon, A. S. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing Bagi Pemuda dan Pemudi di Era Pandemi Covid 19 Kelurahan Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Abdi Dharma, 2(1), 5–10. https://doi.org/10.31253/ad.v2i1.1073
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Wayan Gede Narayana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.