STRATEGI BERSAING MELALUI MANAJEMEN MEREK DAN KEMASAN PRODUK UMKM DESA TOAPAYA SELATAN

Authors

  • Imran Ilyas STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Jasmin Suristia STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Muhammad Putra Pandimas STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Putri Dwi Yuniandri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Siti Melisa STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Zuliva Safhira STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15804

Keywords:

Manajemen Merek, Kemasan Produk, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi di Desa Toapaya Selatan. UMKM memberikan nilai positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Hal tersebut tergambar pada jumlah UMKM di Desa Toapaya Selatan yang terus meningkat. Kripik ubi merupakan salah satu produk rintisan Usaha Kecil Mikro dengan nama usaha Kripik Ubi Ibu Watimah, usaha lainnya yaitu Rengginang Ibu Supartin. Namun sayangnya UMKM Ibu Watimah dan Ibu Supartin belum memiliki kemasan serta label kemasan yang baik sehingga membutuhkan pergantian kemasan serta label kemasan yang menarik agar usahanya dapat lebih dikenal ke masyarakat luar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu UMKM Ibu Watimah dan Ibu supartin untuk meningkatkan manajemen merek dan kemasan produnya. Metode yang digunakan didalam kegiatan pengabdian ini adalah metode survey, wawancara langsung, pelatihan, sosialisasi dan pendampingan langsung kepada pemilik UMKM. Hasil survei menunjukkan bahwa pada UMKM keripik ubi Ibu Watimah kendalanya yaitu belum memiliki label produk dan NIB. Sedangkan pada UMKM Ibu Supartin yaitu kemasan produk yang belum tepat, sehingga produk yang dihasilkan mudah rusak. Setelah melakukan inovasi kemasan serta label yang lebih menarik, penjualan yang dilakukan oleh kedua UMKM tersebut mengalami kenaikan. Selain mengalami kenaikan penjualan, pengemasan produk yang lebih baik juga memberikan dampak positif bagi keawetan produk itu sendiri.

References

Adilah, S., Parupi, R., Miranda, & Yesi. (2022). Pembaharuan Kemasan Tahu Goreng Sebagai Upaya Perbaikan Kemasan Bagi Umkm Di Desa Alai Selatan. Urnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

Artaya, P., Baktiono, R. A., & Kamisutara, M. (N.D.). Pelatihan Proses Labelisasi Kemasan Produk Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Candi Sidoarjo.

Diana, L., Akbhari, I., Fadhilah, A., & Hidayaturracman, H. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Untuk Kesadaran Legalitas Usaha Bagi Umkm Kelurahan Dukuh Sutorejo. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (Jppm).

Putra, N. N. (2020). Analisis Jenis Dan Desain Kemasan Snack Keripik Singkong Terhadap Minat Be

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Ilyas, I., Suristia, J. ., Pandimas, M. P., Yuniandri, P. D. ., Melisa, S. ., & Safhira, Z. . (2023). STRATEGI BERSAING MELALUI MANAJEMEN MEREK DAN KEMASAN PRODUK UMKM DESA TOAPAYA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4190–4192. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15804

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.