PEMBUATAN E-CATALOG DALAM MENDUKUNG DIGITALISASI PRODUK PADA UMKM DI KELURAHAN MELAYU KOTA PIRING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15794Keywords:
Digital Marketing, E-Catalog, UMKMAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, salah satu upaya dengan membantu pelaku UMKM untuk dapat berkembang maju dari permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi pada pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu Kota Piring terletak pada kurangnya pemanfaatan teknologi digital dalam mempromosikan produk yang dipasarkan. Tujuan dari program ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial dalam memasarkan produk dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan penggunaan teknologi digital bagi para pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu Kota Piring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pendampingan dalam pembuatan e-catalog pada produk yang dipasarkan. Hasil yang diperoleh dari program KKN ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pada pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu kota Piring dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media dalam memasarkan produk.References
Arimbi, S. M., Nakiyah, N., & Farida, N. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Umkm Daffa Snack Dan Catering Di Desa Sukodono. 16–17
Diani, F., & Lubis, F. A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1970–1981.
Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246
Helvine Gultom, Paulus Kindangen, G. M. V. K. (2020). Pengaruh Implementasi E-Purchasing, Akses Pasar, dan Persaingan Bisnis Terhadap Prinsip Akuntabel Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 20(04), hal 101.
Laily, N., & Efendi, D. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Wanita Wirausaha Batik Jonegoro Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 3(1), 43. https://doi.org/10.20473/jlm.v3i1.2019.43-46
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri.
Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25 Sariningsih, A., Barat, J., & Media, S. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah
UMKM ) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup Pendahuluan for License ( GAMPIL ) bagi UMKM . Salah satu tantangan terbesar untuk menjalankan strategi tersebut pada sektor UMKM yaitu masalah stra. 1(1), 31– 36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Satriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.