EMPOWERMENT OF SPATIAL AND REGIONAL PLANNING POTENTIAL AS WELL AS CULTURE IN LILIKIRA VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15764Keywords:
Pemberdayaan, Tata Ruang dan Wilayah, Budaya, Lembang LilikiraAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pemberdayaan potensi ruang dan wilayah yang merupakan segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi yang dimiliki. Salah satu desa yang dinilai perlu untuk dilaksanakan kegiatan pemberdayaan wilayah adalah Lembang Lilikira. Adapun kegiatan pemberdayaan wilayah dan budaya di Lembang (desa) Lilikira’ dilaksanakan dengan pendekatan interdisipliner dan lintas sektoral yakni melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang dilaksanakan Universitas Kristen Indonesia Toraja tahun 2022. Dalam pelaksanaannya, program KKNT di Lembang Lilikira terbagi dalam tiga bidang yakni bidang budaya, sosial dan Pendidikan, Teknik. Dalam bidang budaya misalnya dengan mengadakan bimbingan menari bagi anak-anak, di bidang sosial misalnya ikut serta dalam menjaga kebersihan Lembang Lilikira dengan mengadakan bakti sosial bersama masyarakat dan para pemuda, serta bidang pendidikan yakni dengan mengadakan bimbingan belajar bagi anak-anak SD di sekolah dan lumbung Tongkonan.References
A.Haris. (2014). Understanding Community Empowerment Approaches. Jupiter, 8(2).
Adisasmita R. 2006. Rural and Urban Development. Yogyakarta (ID): Graha ilmu.
Rerung, R.R, Pahmi, S, Suryana, A, Gustian, D. (2021). Empowering Community Potential
In the Social, Education and Technology Fields in Improving Human Resources in
Margaluyu Village. Journal of Community Service Abdi Putra, 1(1), 1-8.
UKI Toraja, LPPM. (2022). Thematic KKN Guidelines for the Force XXXIX. UKI Toraja Press.
[KDPDTT] Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration. 2015. Strategic Plan (Renstra) Directorate General of Rural Area Development. Jakarta (ID): KDPDTT.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Parea Rusan Rangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










