MENGUBAH PERILAKU DAN SIKAP PEMIMPIN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15596Keywords:
Perilaku Pemimpin, Sikap Pemimpin, Produktifitas UMKMAbstract
Hadirnya UMKM di Indonesia memberi konstribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya dalam upaya penanggulangan kemiskinan, dan besarnya jumlah pengangguran,.. Dalam masa pemulihan UMKM Pasca Covid 19, pemimpin atau manajer UMKM harus memiliki perilaku dan sikap yang baik dan tepat dalam mengelola usaha, beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi demi mencapai keunggulan bersaing . Pelaku usaha yang ada di Desa Liliboy sebagai Objek dalam kegiatan PKM ini diharapkan mampun menampilkan karakter pemimpin yang kuat dan tangguh agar dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang berarti. Untuk itu, pentingnya menumbuhkan perilaku pemimpin yang bercirikan pemimpin transformasional, transaksional dan pemimpin yang melayani dalam mengelola usaha secara professional di masa sekarang. Tujuan Kegiatan ini adalah meningkatkan pengembangan kemampuan manajerial dan mengubah perilaku serta sikap pemimpin yang tepat di Desa Liliboy . Metode yang digunakan adalah Penyuluhan atau Ceramah. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan dan pembentukan perilaku dan sikap kepemimpinan yang handal dan profesional dari pelaku UMKM.References
Baporikar, N. (2014). Strategic management overview and SME in globalized world. In Handbook of Research on Strategic Management in Small and Medium Enterprises (pp.22-39). I
D'Angelo, A., Majocchi, A., Zucchella, A., & Buck, T. (2013). Geographical pathways for SMEinternationalization: insights from an Italian sample. International Marketing Review,
Fornasiero, R., & Zangiacomi, A. (2013). A structured approach for customised production in
SME collaborative networks. International Journal of Production Research, 51(7), 2110-2122.
Gashi, P., Hashi, I., & Pugh, G. (2014). Export behaviour of SMEs in transition countries. Small
Business Economics, 42(2), 407-435.
Halim, H. A., Ahmad, N. H., Ramayah, T., & Hanifah, H. (2014). The growth of innovative
performance among SMEs: Leveraging on organisational culture and innovative human
capital. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 2(1), 107-125.
Herliana, S. (2015). Regional innovation cluster for small and medium enterprises (SME): Atriple helix concept. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 169, 151-160.
Makasi, A., & Govender, K. (2015). Globalization and sustainable development: a conceptual model. mediterranean Journal of social sciences, 6(4), 341.
Mohiuddin, M., & Su, Z. (2013). Manufacturing small and medium size enterprise’s offshore
outsourcing and competitive advantage: An exploratory study on Canadian offshoring
manufacturing SMEs. Journal of Applied Business Research, 29(4), 1111-1130.
Ocloo, C. E., Akaba, S., & Worwui-Brown, D. K. (2014). Globalization and competitiveness Rahman, N. A., Yaacob, Z., & Radzi, R. M. (2016). The challenges among Malaysian SME: Atheoretical perspective. World, 6(3), 124-132.
Rana, M. B., & Sørensen, O. J. (2013). Exploring management and entrepreneurial factors in the internationalisation of SMEs: evidence from the Bangladeshi apparel industry.
International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 19(4),
Rittenhofer, I. (2015). The reflexive case study method: A practice approach to SME
globalization. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 21(3),
-428.
Sakka, S. (2013). The impact of applying quality management system and environment
standard on organization performance an application on SME'S in Egypt. European
Journal of Business and Management, 5(19), 82-86.
Satanova, A., & Sedliacikova, M. (2014). Quality controlling for small and medium-sizeenterprises. Annals of Warsaw University of Life Sciences-SGGW. Forestry and Wood Technology, 85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novalien Carolina Lewaherilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.