MOTIVASI INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL GURU – GURU PAUD KB BANDAR HINALANG KECATAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Benarita Benarita Universitas Simalungun
  • Marhaeni K.D. Matondang Universitas Simalungun
  • Rohdearni Wati Sipayung Universitas Simalungun
  • Tiodora Fermiska Sialalahi Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Girsang Universitas Simalungun
  • Indra Jayanti Damanik Universitas Simalungun
  • Bismar Sibuea Universitas Simalungun
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun

Keywords:

Guru, Motivasi, Inovasi, Kreativitas Guru

Abstract

Pengabdian ini adalah untuk mengetahui motivasi, inovasi dan kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan mengajar guru di PAUD KB Bandar Hinalang Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun dan juga untuk mengetahui gejala kejenuhan belajar yang dihadapi oleh siswa - siswa PAUD KB Bandar Hinalang, Kab Simalungun. Jenis pengabdian ini adalah pengabdian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Subyek pengabdian ini adalah guru PAUD Se – Kecamatan Purba, Kab Simalungun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa motivasi,inovasi dan kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan guru mengajar di PAUD KB Bandar Hinalang Kecamatan Purba, Kab Simalungun ada tiga point temuan, yaitu:1) Guru memiliki persamaan dan perbedaan perilaku/karakter sehingga memiliki kemampuan dan metode mengajar yang berbeda, 2) Kesuksesan dalam mengajar tergantung pada motivasi guru, 3) guru harus inovatif dan kreatif dalam merancang media pembelajaran. Pengabdian ini dapat memberikan sumbangsi kepada guru-guru untuk meninjau ulang kembali motivasi, inovasi dan kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar.

References

Aini, Nur. Kreativitas Guru PAI Dalam Menghindari Kejenuhan Belajar Siswa Di MTs Bustanul Ulum Desa Kertagena Daya Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi, STAIN Pamekasan, 2014.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Arirahmanto, Sutam Bayu. “The Development Of Burnout Reduction Application Based On Android For SMPN 3 Babat Students”. Jurnal: BK UNESA 6.2 (2016): 1-5.

Boylan, James, et al. “Boredom In The COVID-19 Pandemic: Trait Boredom Proneness, The Desire To Act, And Rule-Breaking”. Personality And Individual Differences 171. 110387 (2020).

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format Format Kuantitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Public, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2013.

Chan, Simon C.H dan Stephen Ko. “The Dark Side Of Personal Response Systems (PRSs): Boredom, Feedback, Perceived Learning, Learning Satisfaction”. Journal of Education for Business 96.7 (2021): 435-444.

Coskun, Abdullah dan Yucel Yuksel. “Examining English as a Foreign Language Students' Boredom in terms of Different Variables”. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature, and Culture 7.1 (2022): 19- 36.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Silalahi, M. ., Purba, A. ., Benarita, B., Matondang, M. K. ., Sipayung, R. W. ., Sialalahi, T. F., … Purba, R. . (2023). MOTIVASI INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL GURU – GURU PAUD KB BANDAR HINALANG KECATAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3451–3454. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15300

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.