PELATIHAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN CANVA UNTUK PEMASARAN SECARA DIGITAL BAGI POKJA TKQ/TPQ KECAMATAN TANJUNG PRIOK

Authors

  • Baginda Oloan Lubis Universitas Bina Sarana Informatika
  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eri Riana Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15268

Keywords:

Canva, Pemasaran Digital, Media Pembelajaran, Media Promosi

Abstract

Suatu penyajian informasi yang informatif merupakan modal untuk menciptakan informasi yang mudah di terima oleh masyarakat salah satunya adalah staff pengajar. Sesuai dengan pekerjaan yang diemban oleh pengurus dan pengajar yang ada di POKJA TPQ/TPQ, yaitu mereka kerjakan dengan melakukan pekerjaan administratif, pengumuman maupun kegiatan pemasaran untuk menarik minat orang tua menyekolahkan anaknya di TKQ dan TPQ. Salah satu cara sosialisasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan flyer, poster ataupun media lain yang menarik, baik  secara digital maupun secara fisik. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu menciptakan rasa kreativitas dan terciptanya suatu inovasi terutama dalam kegiatan pemasaran digital untuk promosi lembaga dan pembuatan media pembelajaran. Pelatihan penggunaan Canva yang diberikan kepada pengurus dan staff pengajar POKJA TKQ/TPQ Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Metode yang dilakukan dengan demonstasi mempraktikkan secara langsung. Materi yang diberikan yaitu proses pembuatan akun, proses mempergunakan template yang sudah tersedia dan pengaturan penggunaan suatu elemen yang ada untuk penunjang materi yang akan dibuat. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dimana para pengurus dan staff pengajar mempraktikkan secara langsung sesuai dengan arahan modul pelatihan. Proses evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pembagian kuisioner dengan beberapa komponen indikator yaitu kejelasan penyajian materi, kemudahan dalam penggunaan, dan manfaat yang dirasakan oleh pengurus dan staff pengajar. Pelatihan ini bisa menambahkan ilmu pengetahun bagi para pengurus dan staff pengajar khususnya di dalam menambah suatu referensi cara penyampaian suatu bahan pembelajaran yang menarik dan mudah diterima. Saran yang dapat diberikan yaitu adanya pelatihan berkelanjutan agar para pengurus dan staff pengajar dapat memaksimalkan ilmu yang telah disampaikan.

References

S. B. Z. Zettira, N. A. Febrianti, Z. A. Anggraini, M. A. W. Prasetyo, and E. Tripustikasari, “Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 2, pp. 99–105, 2022, doi: 10.37640/japd.v2i2.1524.

S. Rosandi, T. Sudarwanto, P. Pendidikan, T. Niaga, J. P. Ekonomi, and F. Ekonomi, “Pengaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra Studi Kasus Pada Cafetariah Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 2, no. 2, pp. 1–16, 2014.

C. D. Maulidasari and D. D. Damrus, “Dampak Promosi Produk Pada Pemasaran Online,” J. Bisnis Dan Kaji. Strateg. Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 137–142, 2021, doi: 10.35308/jbkan.v5i1.3464.

M. N. Miftah, E. Rizal, and R. K. Anwar, “Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis),” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 4, no. 1, p. 87, 2016, doi: 10.24198/jkip.v4i1.11635.

Tiawan, Musawarman, L. Sakinah, N. Rahmawati, and H. Salman, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 476–480, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.417.

F. I. Susanti, Supatmo, and R. Nugrahani, “Perancangan Infografis Sebagai Media Informasi Desa Wisata Wonolopo Semarang,” Arty J. Seni Rupa, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty/article/view/40265.

K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.

B. Siswa and M. Kini, “1) 2) 3),” vol. 10, no. 2, pp. 103–107, 2022.

L. P. Yuli Purwati, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya,” Jppm, vol. 1, no. 1, p. 42, 2019.

L. Hijrah, M. F. Arransyah, K. Putri, N. Arija, and R. K. Putri, “Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda,” Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 1, p. 98, 2021, doi: 10.30872/plakat.v3i1.5849.

S. Resmini, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 335–343, 2021, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859.

Andreas Nugroho Sihananto, Kartini, and R. Parlika, “Pemanfaatan Canva Untuk Kebutuhan Desain Grafis dan Video Promosi Edotel TeBe Syariah,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., pp. 151–156, 2022, [Online]. Available:

A. N. Arifin, Ismail, F. Daud, and A. Azis, “Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. 2021 “Penguatan Riset, Inov. dan Kreat. Penelit. di Era Pandemi Covid-19,” vol. 5, pp. 468–472, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

N. Wijaya, H. Irsyad, and A. Taqwiym, “Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster,” Fordicate, vol. 1, no. 2, pp. 192–199, 2022, doi: 10.35957/fordicate.v1i2.2418.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Lubis, B. O. ., Fibriany, F. W., & Riana, E. . (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN CANVA UNTUK PEMASARAN SECARA DIGITAL BAGI POKJA TKQ/TPQ KECAMATAN TANJUNG PRIOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3389–3394. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15268

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.