KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM PEMBEMBENAHAN PERPUSTAKAAN SDN 3 KOTA BENGKULU

Authors

  • Martia Shella Dwi Kurnia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Zakari Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Kampus Mengajar,Pembenahan Perpustakaan, Pendidikan

Abstract

Program pembenahan perpustakaan yang dilakukan di SDN 3 Kota Bengkulu ini adalah salah satu program kerja dari kegiatan mahasiswa kampus mengajar angkatan 5. Pembenahan perpustakaan ini yaitu untuk meningkatkan minat berkunjungnya ke perpustakaan dan juga meningkatkan minat baca. dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, maka hasil dari penelitian ini peneliti melakukan observasi langsung ke lokasi pelaksanaan dengan berkoordinasi pada pihak sekolah, dan juga dosen pembimbing lapangan mahasiswa kampus mengajar 5 mengenai kegiatan pembenahan perpustakaan di SDN 3 Kota Bengkulu, kemudian melakukan kegiatan pembenahan perpustakaan yang dilakukan dengan cara bergotong rong antar mahasiswa kampus mengajar dan juga warga sekolah.

References

Ariana, R. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1–23.

Boe, J. C. (2023). Pengembangan Literasi Dan Numerasi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 2 SD Inpres Paga. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–26.

Febrianti, R., Muh. Damriansyah, Yuliana S, Besse Herlina, Upe, A., Arafah, M., Yani, A., Syamsu Rijal, & Irfandi, R. (2022). Pembenahan Perpustakaan Sma Negeri 3 Sidrap. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jurdikmas) Sosiosaintifik, 4(2), 82–87.

G, H. (2022). Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (Km3) Dalam Kegiatan Administrasi Sekolah Di Sd Inpres Kelapa Tiga 1. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Menanti, D. I. D. (2022). Issn: 2797-9210 (Print) | 2798-2912(Online). 1(9), 1–7.

Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Sebagai Pusat Sumber Belajar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 141–150.

Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Sdn 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepasaa Masyarakat, 3(1), 166–173. Rati Lestiani, Yudi Partama Putra, Ahmad Junaidi, Nensi Yuniarti, & Melki. (2022). Implementasi Literasi, Numerasi, Administrasi Dan Adaptasi Teknologi Di SD Negeri 3 Pulau Pinang Melalui Program Kampus Merdeka “Kampus Mengajar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(2), 420–433.

Suminar, R., & Dewi. (2022). Inventarisasi Dan Revitalisasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.31599/Jstpm.V3i1.1156

Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 194–204.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Kurnia, M. S. D. ., Lisdayanti, S. ., Atmaja, L. K. ., Gunawan, H. ., & Zakari, J. . (2023). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM PEMBEMBENAHAN PERPUSTAKAAN SDN 3 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3082–3087. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15073