PENERAPAN PROGRAM JUM’AT RELIGI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDN 135 SELUMA
Keywords:
Penerapan, Program, Pembentukan, Karakter ReligiusAbstract
Pembentukan karakter religius menjadi poin utama yang perlu ditanamkan dan dikembangkan dari sedini mungkin, karena kerakter religius merupakan salah satu nilai karakter yang berhubungan dengan Tuhan. Karakter religius ini akan menjadi dasar ajaran agama dalam kehidupan individu dan bermasyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui sekolah ini bertujuan untuk menerapkan program Jum’at Religi dalam pembentukan karakter religius siswa SD Negeri 135 Seluma. Program Jum’at Religi merupakan program pembiasaan jum’at yang di dalamnya berisi kegiatan sholat dhuha dan dzikir bersama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialiasi, pelatihan dan penerapan. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya efek dari penerapan program Jum’at Religi dalam pembentukan karakter religius siswa, yakni meningkatnya kesadaran dalam beribadah, menghormati guru dan orang yang lebih tua, kedisiplinan, tanggung jawab, dan membentuk akhlak, sikap dan budi pekerti yang baik. Dengan adanya program Jum’at Religi ini diharapkan dapat meberikan motivasi peserta didik dalam meningkatkan semangat beribadah dan dapat membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, bermoral, memiliki solidaritas, sopan-santun, dan kebiasaan yang baik.References
Setiawati, R., Robiansyah, F., & Darmawan. (2022). Implementasi Program Jumat Bersih Dalam Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SD Madani. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 55-72.
Hayat Nor, S., (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Man Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54.
Mistiningsih, C & Fahyuni, E, Fariyatu., (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. DOAJ, 2(2), 157-171.
Wulansari, Y., & Ida Zahara Adibah. (2021). Impresi Sholat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Butuh 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Inspirasi, 5(1).
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. Thufula Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2):152.
Bahri, S., Studi, P., Pendidikan, M., & Indonesia, M. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga Di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 425– 435.
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2). Https://Doi.Org/10.26858/Pir.V3i2.14971
Mualif, A. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan. Jedchem (Journal Education And Chemistry), 4(1).
Sitti Hasnidar, S. H. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1). Https://Doi.Org/10.32672/Si.V20i1.997
Wibowo, Teguh Ari. (2022). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. SKULA, 2(3).
Khulailah, Ismail Marzuki. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Membaca Al – Qur’an Dan Sholat Dhuha Di Upt Sd Negeri 71 Gresik. Edusaintek, 10(3), 567-581.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yunita Andriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.