PENGARUH KEGIATAN KEBHINEKAAN MODUL NUSANTARA PROGRAM PMM DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN BUDAYA MAHASISWA

Authors

  • Friska Patrecia Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dila Safira Br Barus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Natalia Purba Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14869

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa, Wawasan Kebhinekaan, Modul Nusantara

Abstract

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa besarnya peran Mata kuliah Modul Nusantara hingga memberikan dampak dalam meningkatkan Wawasan Kebhinekaan mahasiswa. Penelitian Ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Inbound Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya Tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan metode Observasi dan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Mata Kuliah Modul Nusantara memiliki peran yang besar dalam meningkatkan wawasan Kebhinekaan mahasiswa Inbound antara lain; Pertama, Mahasiswa memiliki pengalaman dan pengetahuan baru terhadap Budaya dan sejarah yang sebelumnya tidak diketahui oleh mahasiswa; Kedua, Mahasiswa mampu merefleksikan dan menunjukan bagaimana melestarikan dan memiliki rasa untuk menjaga sejarah-sejarah yang berlaku di Indonesia yang masih menjadi suatu penghormatan negara atau tempat-tempat permuseuman yang harus tetap dijaga utuh bentuk kesejarahannya; Ketiga, Mahasiswa Memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat dan moral yang tinggi untuk mengimbangi kecerdasannyaa menjadi kader muda bela negara yang memahami “Bhineka Tunggal Ika” sebagai kekayan Bangsa; Keempat, Mahasiwa Memiliki peran besar untuk menciptakan dan membangun serta menjaga keutuhan Budaya dan sejarah yang ada di Indonesia serta harus mampu memberikan bukti nyata dengan berinovasi dan berekreasi.  

References

Anwar, R. N. (2021a). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Azizah, N., dan Anwar, R. N. (2022). Axiology of science in Islamic perspective. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v6i2.157-165

Azizah, L., dan Purjatian, A. (2015). Islam di Tengah Masyarakat Multikultural Indonesia (Studi Atas Konsep Multikultural Abdul aziz Sachedina). Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 7(1), 70–88.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Panduan Penyusunan Modul Nusantara. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Purba, F. P. ., Barus , D. S. B. ., & Purba , I. N. (2023). PENGARUH KEGIATAN KEBHINEKAAN MODUL NUSANTARA PROGRAM PMM DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN BUDAYA MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2959–2963. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14869

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.