PERSEPSI MAHASISWA OUT BOUND UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN TENTANG PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MAHASISWA DALAM PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA PADA KELAS MODUL NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14502Keywords:
Modul Nusantara, Toleransi, Pertukaran Mahasiswa MerdekaAbstract
Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah wajib mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang memfokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif dan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara berperan dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Out Bound pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas HKBP Nommensen Medan tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa Out Bound melalui; pertama, sikap menghargai dan menghormati budaya orang lain; kedua, tidak bersikap merendahkan atau meninggikan satu suku daripada suku yang lain; ketiga, menganggap semua suku adalah saling bersaudara; keempat, tidak melakukan tindakan diskriminasi, serta memperlakukan semua orang sama dan sejajar.References
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., dan Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824
Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123–131. https://doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Faiz, A., dan Purwati. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655.
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., dan Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824 Sherly,
Dharma, E., dan Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I, 183–190. Syafei, I. (2018). Hakikat Manusia Menurut Islam. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 743–755. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2132
Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Panduan Penyusunan Modul Nusantara. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Wulandari, A., Setioko, B., dan Suprapti, A. (2016). Pengaruh Sosial Budaya Islami Terhadap Tatanan Permukiman Kampung Arab Sugihwaras. Teknik, 37(1), 7–16. https://doi.org/10.14710/teknik.v37i1.8714
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Friska Damayanti Sitorus, Ema Ulina Br Ginting, Talenta Br Tanggang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.