PELATIHAN MANAJEMEN STRES DAN COLORING MANDALA UNTUK MENGURANGI STRES PADA MAHASISWA

Authors

  • Husnul Khotimah Rustam Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Dewi Lidiawati Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • St Nurbaya Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Nur Rahmatan Mursalin IAI DDI Polman

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14303

Keywords:

Manajemen Stres, Mewarnai Mandala, Mahasiswa, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Abstract

Pada umumnya, mahasiswa dihadapkan pada tugas-tugas individu, tugas kelompok, kuis, laporan, hingga ujian semester. Mahasiswa kurang menerima respon positif dan lebih banyak respon negatifnya. Sejalan dengan pernyataan tersebut, reaksi emosional bisa berhubungan dengan stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pelatihan manajemen stres dan coloring mandala untuk mengurangi stres pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa stres mahasiswa menurun drastis sebanyak 98%. Dampaknya adalah peningkatan imunitas dan dapat mengaktifkan saraf parasimpatis. Tingkat stres pada responden menurun walaupun penurunan tidak terjadi dalam jumlah besar namun hal ini cukup efektif dan efisien untuk menekan tingkat stres. Temuan ini bisa memberikan rekomendasi untuk para mahasiswa yakni dengan mempraktekkan coloring mandala dan manajemen stres khususnya guided imanegry. Selain itu, dengan berkurangnya stres dan meningkatnya kebahagiaan maka mahasiswa bisa jauh lebih baik mengembangkan diri dan mengasah keterampilannya sesuai dengan passion yang dimiliki.

References

Almojali, A. I., Almalki, S. A., Alothman, A. S., Masuadi, E. M., & Alaqeel, M. K. (2017). The prevalence and association of stress with sleep quality among medical students. Journal of Epidemiology and Global Health, 7(3), 169–174. https://doi.org/10.1016/j.jegh.2017.04.005

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Belchamber, B. (1997). Why the mandala ? Coloring Therapy. Online, (www.coloringtherapy.com). Diakses 21 Juli 2022.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns?: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Hasanah, M. (2019). Stres dan solusinya dalam perspektif psikologi dan islam. Jurnal Ummul Qura, XIII(1), 104–116. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/UQ/article/download/50/44

Lallo, D. A., Kandou, L. F. J., & Munayang, H. (2013). Hubungan kecemasan dan hasil UAS-1 fakultas kedokteran universitas sam ratulangi manado tahun ajaran 2012/2013. Jurnal E-Clinic (ECL). 1(2), 1-10

Lituhayu, C. (2012). Pengaruh warna terhadap psikologi penggunaan dalam perancangan fasilitas bedah plastic estetik. ITB Undergraduate Journal of Visual Art and Design. 1(1), 1-7.

McIndoo, C. C., File, A. A., Preddy, T., Clark, C. G., & Hopko, D. R. (2016). Mindfulness-based therapy and behavioral activation: A randomized controlled trial with depressed college students. Behaviour Research and Therapy, 77, 118–128. https://doi.org/10.1016/j.brat.2015.12.012

Mentari, A. Z. B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres yang Paling Efektif pada Remaja: Literature Review. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT?: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(4), 191–196. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i4.69

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296–302. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224

Muharomi, L.S. (2012). Hubungan antara tingkat kecemasan komunikasi dan konsep diri dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa baru. (Skripsi diterbitkan). Semarang: Universitas Dipenogoro.

Neely, M. E., Schallert, D. L., Mohammed, S. S., Roberts, R. M., & Chen, Y. J. (2009). Self-kindness when facing stress: The role of self-compassion, goal regulation, and support in college students’ well-being. Motivation and Emotion, 33(1), 88–97. https://doi.org/10.1007/s11031-008-9119-8

Rosenzweig, S., Greeson, J. M., Reibel, D. K., Green, J. S., Jasser, S. A., & Beasley, D. (2010). Mindfulness-based stress reduction for chronic pain conditions: Variation in treatment outcomes and role of home meditation practice. Journal of Psychosomatic Research, 68(1), 29–36. https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2009.03.010

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Khotimah Rustam, H., Lidiawati, D., Nurbaya, S., & Rahmatan Mursalin, N. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN STRES DAN COLORING MANDALA UNTUK MENGURANGI STRES PADA MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14303

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.