PENINGKATAN DIGITAL SKILL PELAKU UMKM DI WILAYAH CIPUTAT TIMUR
Keywords:
Instagram, Digital Skill, Pemasaran Digital, Kampanye Produk, FotografAbstract
Situasi Pandemi menuntut pelaku UMKM untuk menyusun strategi kreatif dan inovatif agar mampu bertahan dan beradaptasi dengan berbagai perubahan. Terutama perubahan perilaku dan pola konsumsi masyarakat terhadap informasi, yang telah bertransformasi ke dalam bentuk digital, khususnya informasi terkait produk tertentu. Ironisnya, banyak UMKM yang terpaksa gulung tikar akibat terdisrupsi oleh kehadiran platform digital, dan minimnya digital skill atau kemampuan penggunaan media digital. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar mampu beradaptasi menghadapi situasi pasca pandemi, dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana pemasaran digital, sekaligus media komunikasi dengan calon konsumen secara massive di ruang digital. Bentuk pengabdian ini berupa pelatihan bagi kelompok UMKM di wilayah Ciputat Timur, Tangerang Selatan yang diikuti oleh sekitar 30 pelaku UMKM. Materi yang disampaikan mulai dari dasar-dasar digita skill (kemampuan penggunaan data dan media digital), contoh pemasaran digital, kampanye produk di sosial media instagram, hingga praktik foto produk sebagai penunjang visualisasi produk agar menarik minat konsumen. Sehingga diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalankan bisnisnya secara kreatif, adaptif, dan berkelanjutan.References
Mahyuni, Luh Putu. (2022) Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.6 No.3 2022
Neti, Sisira. (2011). Social Media and It’s Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems
Tholib, Moh, dkk. (2021). Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Era Covid 19 bagi Pengusaha Aisyiah. BERDIKARI Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks Vol.9 No.2 Agustus 2021
Santoso, Radityo Kusumo. (2012). Pengaruh Media Sosial Terhadap Consumer Retention. FE UI 2012.
Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing management 14e. Englad: Pearson Education
Soekarwo. (2020). Mewujudkan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian. Diakses pada 28 Oktober 2022, dari https://www.jawapos.com/opini/02/11/2020/mewujudkan-umkm-sebagai-fondasi-perekonomian/
Kementrerian Investasi. (2020). Upaya Pemerintah untuk Memajukan UMKM Indonesia. Diakses pada 28 Oktober 2022, dari https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syifa Astasia Utari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.