PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Hilmi Fadhillah Akbar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143

Keywords:

Wordwall, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Wordwall dan kotak soal adalah media permainan pembelajaran yang menyenangkan, menghibur, dan menarik perhatian siswa. Meski begitu, pengaruh media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar siswa berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap minat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Quasy Eksperimental dengan Desain Nonequivalent Control Group Design. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan metode literature review, perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan media wordwall dan media kotak soal pada kelas kontrol. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa.

References

Arimbawa, I.G.P.A., (2021). Penerapan wordwall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2 (2), 324-332.

Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 742–751.

Asyafiq, Sutrisno. 2016. “Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1):29–37.

Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2021). Development Of Smart Card Media For Elementary Students. Journal Of Physics: Conference Series, 1783(1), 012114.

Budiarti, Arifah, Jeffry Handhika, and Sulistyaning Kartikawati. 2017. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 2(2):21.

Fathurrahman, Arif, Sumardi Sumardi, Adi E. Yusuf, and Sutji Harijanto. 2019. “Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7(2):843–50.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 181–187.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696.

Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pena Sains, 4(1), 17.

Hsb, Abd Aziz. 2018. “Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah.” Jurnal Tarbiyah 25(2).

Husamah, Dkk. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Kartika S., Husni, Millah S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7 (1), 117

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2 No. 143-44.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49-58.

Margona, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mujahidin, AA, Salsabila, UH, Hasanah, AL, Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1 (2), 552-560.

Nafi’ah, T. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Card Sort Berbasis Wordwall Siswa Kelas Iv Mi Plus Bunga Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15546

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Nurhayati, B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar Matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 6 (2), 321-328.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 1(2), 458-463.

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153-164.

Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utilitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1 (1), 21-36.

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers. 40.

Sari, P.M., & Yarza, HN (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kuis Dan Wordwall Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Guru Sdit Al-Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif, 4 (2), 195-199.

Sari, R.N., Nazmi, R., & Zulfa, Z. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Mipa Sma 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6 (2), 76-83.

Sartika, R. (2017). Implementing Word Wall Strategy In Teaching Writing Descriptive Text For Junior High School Students. Journal Of English And Education, 5(2), 179 – 186.

Siregar, Faridah. A. (2012). Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1), 33-38.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suhery, Trimardi Putra, and Jasmalinda. 2020. “Jurnal Inovasi Penelitian.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):1–4.

Susilawati. 2017.Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran IPS Kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Jambi: Universitas Jambi. Tersedia: https://repository.unja.ac.id/2224/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 104

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 372-380.

Turyati. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo. PKn Progresif. 11(1), 259

Usman, M. Basyaruddin dan Asnawir. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Wulandari, A.D. (2012). “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) MAKER XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang.” Unitersitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, T.J., Sahat, S., Abdul, M. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajran Dengan Aplikasi Makromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. 5(2)

Yusmanto. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Bernyanyi Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 2(3):313.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Akbar, H. F. ., & Hadi, M. S. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653–1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.