PELATIHAN PRAKTEK AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG PADA SISWA SMK MUHAMMADYAH 3 TERPADU PEKANBARU
Keywords:
Kewirausahaan, Akuntansi, Perusahaan Dagang , Siswa SMKAbstract
Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Politeknik LP3I Pekanbaru mengadakan Kegiatan pelatihan yang bertema “Pelatihan Praktek Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siswa/i SMK Muhammadyah 3 Terpadu Pekanbaru”. Kegiatan ini ditujukan kepada para siswa/i SMK jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) . Lulusan SMK Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, juga diharapkan akan menjadi wirausaha kreatif hal ini disebabkan karena pengembangan minat kewirausahaan pada siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter. Sehingga akan tercapailah tujuan utama dari lulusan SMK yaitu untuk menghasilkan lulusan yang siap untuk memasuki dunia kerja, baik secara mandiri maupun bekerja pada orang lain. Peluang kerja SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) hingga saat ini masih banyak diminati, Untuk itu lah kegiatan ini dilakukan bagi siswa SMK jurusan AKL agar semakin banyak nya para entrepreneur muda yang berkualitas dan mampu bersaing. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta lebih meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan mampu membuat jurnal dan bahkan pembuatan laporan keuangan pada perusahaan dagang. Didukung dengan data Biro Pusat Statistik (BPS) dimana Pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 mencapai 5,31% dan merupakan yang tertinggi sejak 2014.(Moegiarso, 2023)References
Anita Roosmawarni. (2020). Dasar dan Konsep Kewirausahaan. 5(3), 248–253.
Hidayat, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Warung Kopi di Kota Makassar. Mirai Management, 5, 13.
Https://data.sekolah-kita.net/kabupaten-kota/Kota%20Pekanbaru. (2022). SMK di Kota Pekanbaru. ~:Text=Jumlahttps://Data.Sekolah-Kita.Net/Kabupaten-Kota/Kota%20Pekanbaru.
IAI. (2017). Standar Akuntansi Keuangan. DSAK IAI.
Kieso, et al. (2020). Intermediate Accounting IFRS. Fourth Edition. United States of America: John Wiley and Sons, Inc.
Maryanti, N. (2019). Siswa SMK Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Kajian Praktis SMK di Provinsi Sumatera Selatan).
Moegiarso, S. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2022 Capai 5,31%, Tertinggi Sejak 2014. Https://Www.Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/4904/Pertumbuhan-Ekonomi-Tahun-2022-Capai-531-Tertinggi-Sejak-2014.
Reni Fatwitawati S.E., M. A. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanaru. Sembadha: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 225–229. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/376
Sadya, S. (2022). Jumlah Sekolah di Indonesia Meningkat pada 2021/2022 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul “Jumlah Sekolah di Indonesia Meningkat pada 2021/2022”., Author: Sarnita Sadya. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: https://dataindon. Https://Dataindonesia.Id.
Sudarman, L. (2019). Dasar-dasar Akuntansi (Issue October). PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.