PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF APLIKASI JOHNNY GRAMMAR’S WORD CHALLENGE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang
  • Evi Rosmiyati Universitas PGRI Palembang
  • Dewi Kartika Sari Universitas PGRI Palembang
  • Etty Pratiwi Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Irreguler Verb; Johnny Grammar’s Word Challenge; Media

Abstract

Tema kegiatan Pengabdian ini adalah Penerapan Media Interaktif aplikasi Johnny Grammar’s Word Challenge pada Pembelajaran Bahasa Inggris yang berlokasi di SMA Negeri 11 Palembang. Tema ini dipilih karena saat ini, sebagian besar siswa menggunakan ponsel hanya untuk bermain game, berinteraksi di media sosial, dan berkomunikasi satu sama lain. Dengan penerapan media aplikasi Johnny Grammar’s Word Challenge merupakan metode yang baik dan tepat untuk memperkenalkan siswa dalam mempelajari Irreguler Verb, sehingga bisa meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa dalam Bahasa Inggris. Kegiatan Peengabdian ini dilakukan dengan pemberian materi media aplikasi Johnny Grammar’s Word Challenge oleh tim dosen kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab yang didampingi oleh dosen dan mahasiswa. Dengan menggunakan aplikasi ini, para siswa dan guru lebih antusias dan tertarik serta mudah memahami tata bahasa khususnya Irreguler Verb dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Astuti, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unimed, Volume 24 No. 2, April - Juni 2018 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220

Farida, Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1, (2015), h. 26 4Nunuk Saryani, dkk, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018), h. 4.

Imam Asrori, Moh. Ahsanuddin, Media Pembelajaran Bahasa Arab Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia (Malang: CV. Bintang Sejahtera, 2016), h. 3.

Isma Ramadhani Lubis, Jaslin Ikhsan, Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA “, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 1 No. 2 (Oktober 2015), h. 192.

Nurul Hidayah, Rifky Khumairo Ulva, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negrikaton Pesawaran, Jurnal Terampil, Vol. 4 No. 1 (Juni 2017), h. 36.

Nurwahyuningsih dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP”, Jurnal Refleksi Edukatika, Vol. 8 No. 1 (2017), h. 82.

Resti Yektyastuti, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 2016, h, 89.

Syafani Nur Aisyah, dkk, Students’ Perception on the use of Johny Grammar’s Word Challenge Application in Learning Prepositions, ESTEEM Journal of English Study Programme, P-ISSN 2622-9323 E-ISSN 2622-2213

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Noviati, N., Rosmiyati, E. ., Sari, D. K. ., & Pratiwi, E. . (2023). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF APLIKASI JOHNNY GRAMMAR’S WORD CHALLENGE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1121–1125. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12912

Similar Articles

<< < 82 83 84 85 86 87 

You may also start an advanced similarity search for this article.