STUDI LITERATUR PEMANFAATAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP/MTS

Authors

  • Muhamad Chairudin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurhanifa Nurhanifa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Trifirma Yustianingsih Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zahratul Aidah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Atoillah Atoillah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881

Keywords:

Assemblr Edu, Learning Media, Literature Study

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembuatan media pembelajaran matematika dapat membantu guru menyampaikan informasi kepada peserta didik salah satunya menggunakan aplikasi Assemblr Edu. Assemblr Edu merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membuat konten tiga dimensi (3D) dan Augmented Reality (AR) yang interaktif dan menyenangkan. Assemblr Edu dapat menggunakan konten edukasi AR siap pakai yang bersifat interaktif. Pengguna Assemblr Edu dapat langsung memilih topik atau mata pelajaran yang diinginkan lalu selanjutnya dapat memilih konten yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan di kelas. Aplikasi Assemblr Edu merupakan salah satu solusi pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.  Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode studi kepustakaan atau biasa disebut studi literatur (library research). Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Assemblr Edu dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran matematika yang interaktif dan menyenangkan. Kesimpulan penelitian ini dari artikel penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya terkait penggunaan Assemblr Edu sebagai media pembelajaran matematika.

References

Andesta Bujuri, D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, IX(1), 37. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Ar Rakhman Awaludin, A., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68–75. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Assemblr. (2023). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. https://id.edu.assemblrworld.com/how-it-works

Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Mutiara, E. A., Nisrina, A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. AL QODRI, 20(3), 596–606. https://doi.org/10.53515/qodiri

Kosasih, I. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Saintifika Islamica, 2(1), 43–52.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94–100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Mestika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (3rd ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Padang, F. A. L., Ramlawat, Yunus, S. R., & Samputri, S. (2021). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup).

Prayogo Ryza. (2017, December 6). Mengenal Assemblr, Platform Berkreasi dengan Teknologi AR. https://dailysocial.id/post/mengenal-assemblr-platform-berkreasi-dengan-teknologi-ar

Rissa Putri Intari Dewi, P., Made Winda Wijayanti, N., & Dewa Putu Juwana, I. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. PKM. Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606066

Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris, 1–13.

Wulandari, D. A. (2021). Analisis Kesalahan Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMPS Tunas Agro Subur Kencana. Jurnal Ilmu Pendidikan, 08(01), 62–71.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Chairudin, M. ., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T. ., Aidah, Z. ., & Atoillah, A. (2023). STUDI LITERATUR PEMANFAATAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP/MTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.