PENDAMPINGAN UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DESA BERAN, KEPIL, WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12614Keywords:
Pendampingan, UMKM, Ekonomi, KeluargaAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat menjalankan program pendampingan UMKM di Desa Beran. Pembangunan perekonomian didukung oleh berkembangnya usaha UMKM. UMKM yang sudah berkembang tidak menjamin perekonomian tetap stabil di masa depan, sehingga diperlukan sikap kreatif serta inovatif para pelaku usaha untuk menghadapi perkembangan ekonomi. Sikap kretif dan inovatif dapat didukung dengan dilakukanya pendampingan dari ahli. Tujuan program pendampingan adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan berfikir kreatif dan inovatif pelaku usaha kecil (UMKM) sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga Desa Beran, Kecamatan Metode pendampingan kegiatan terdiri dari tiga tahapan: komunikasi, pendampingan dan evaluasi. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan pelaku usaha dan ekonomi kreatif terkait pentingnya sikap kreatif dan inovatif dalam berwirausaha sehingga mampu meningkat perekonomian ekonomi keluarga Desa Beran.References
Creswell, J., & Poth, C. (2018). Qualitative Inguiry Research Design: Choosing amoung five approaches (4th ed.). California?: SAGE Publications, Inc., Thousand Oaks.
Firdaus, Safira Aliyani dkk, Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi COVID – 19 pada saat New Normal, OECONOMICUS Journal of Economics, 2020, 42 – 46.
Hakim, Ifham Ilmy, Pengawasan Intern Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah Pusat Tahun 2020: Sebuah Tinjauan, Jurnal Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 2(1), 2022, 29 – 38.
Leiwakabessy, Pitter, Pendampingan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 2020, 231 – 239.
Muttaqin, Rizal, Pertumbuhan Ekonomi dalam Perspektif Islam, Maro, 1(2), 2018, 117 – 122.
Nasution, Dito Aditia Darma, Dampak Pandemi COVID – 19 terhadap Perekonomian Indonesia, Jurnal Benefita, 2020, 212.
Rohimah, Knowledge – Based – Economy As Human Capital Invesment to Drive the Nation’s Ecnomic Growth, Tadzib Al Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2021, 2721 – 2521.
Rosita Dewi, M. S. (2020). Komunikasi Sosial di Era Industri 4.0 (Studi Pada Etika Komunikasi Remaja Perempuan Melalui Media Sosial di Era Industri 4.0). Research Fair Unisri, 4(1), 65–77. https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3388
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhada, Deksa Imam, Efektivitas Para Pelaku Ekonomi dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 2022, hlm. 3201 – 3208.
Teja, Mohamad, Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarkat di Kawasan Pesisir, Pusat Pengolahan Data dan Informasi, 6(1), 2015, 63 – 76.
Windusancono, Bambang Agus, Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Mimbar administrasi, 18(2), 2021, 32 – 45.
Downloads
Published
Versions
- 2023-03-08 (3)
- 2023-03-03 (2)
- 2023-02-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salis Irvan Fuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.