PENERAPAN SERVQUAL PADA KELOMPOK PEDAGANG DI SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12387Keywords:
Servqual, UMKM, PemasaranAbstract
Peningkatan pembangunan yang ada di Kabupaten Kediri merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada daerah tersebut, salah satu proyek besar pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten kediri adalah pembangunan Simpang Lima Gumul guna memfasilitasi masyarakat untuk berwirausaha dan mendorong pertumbuhan UMKM. Namun, pengetahuan para pedagang mengenai strategi pemasaran yang benar untuk menarik dan mendapatkan konsumen masih kurang, menyebabkan penjualan menjadi stuck dan tidak mengalami perubahan. Untuk itu tim pengabdi tertarik untuk melakukan pengabdian yaitu dengan membantu beberapa pedagang khususnya pada sektor makanan ringan dan aneka jajanan, dengan harapan bahwa pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang tata pelayanan yang baik guna meningkatkan penjualan. Hasil utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dari kelompok pedagang yang ada di area Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri mengenai pelayanan seperti apa yang diharapkan oleh konsumen sehingga para pedagang tersebut dapat memberikan kinerja pelayanan yang maksimal yang dapat meningkatkan keuntungan.References
Afiffuddin, M., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Dan Csi Pada Ud.Arsha Indo. Sigma Teknika, 5(2), 275–284.
Pamenang, W., & Harry, S. (2016). Analisis pengaruh kualitas produk, kepuasan pelanggan dan words of mouth terhadap minat beli ulang konsumen. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(3), 206–211.
Purba, H. H. (2018a). ( Umkm ) Tambal Ban Di Kelurahan Klender Jakarta Timur. 1, 298–301.
Purba, H. H. (2018b). Peningkatan pelayanan usaha kecil tambal ban melalui penerapan servqual di kelurahan pondok kelapa jakarta timur. 3(2), 35–38.
Ramadhanti, E., & Marlena, N. (2021). Analisis strategi kualitas layanan menggunakan metode importance -performance analysis ( ipa ). Forum Ekonomi, 23(3), 431–441.
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Pengguna Situs Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9, 1–10.
Sugara, A., Khoir, A., & Kustyono, D. (2021). Strategi umkm untuk melakukan penjualan dalam dalam mengoptimalkan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 1–9.
Yoga Saputra, D., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Index Potential Gain Customer Value (Studi Kasus: Outlet Yossmi Dimsum). Serambi Engineering, VII(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Djunaedi Djunaedi, Moch. Arifin, Budi Susanto, Cempaka Dyah Pramita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.