PELATIHAN PENERAPAN E-MODUL BERBASIS ANYFLIP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12598Keywords:
E-Modul, Anyflip, Literasi DigitalAbstract
Pelatihan penerapan E-Modul ini bertujuan untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapai mitra dalam meningkatkan kompetensi literasi pada bidang teknologi terutama dalam memanfaatkan teknologi digital tepat guna berbasis aplikasi yang mudah digunakan dalam pembelajaran. Aplikasi ini berupa perangkat software dalam bentuk e-modul berbasis anyflip yang mudah digunakan oleh peserta didik. Pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan di SDN Tajur 02 Kota Bogor. Metode pelaksanaan pelatihan ini melalui diskusi dengan semua tim dosen dan mitra dan menghasilkan E-Modul yang dapat digunakan oleh peserta didik secara efektif.References
Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo: Yogyakarta.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4).
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fatmawati, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal Edusains, Vol. 4 No. 2, 2338-4387.
Gunadharma,Ananda.2011. Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jurnal Skripsi.Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–34.
Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH, 9(1), 1–14.
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97-107
Sugiyanto, Doni, dkk. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Volume IX,No.2, Agustus 2013: 101-116
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deddy Sofyan S, R. Teti Rostikawati, Yanti Suryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.