PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN PTK UNTUK GURU-GURU MGMP IPS SMP GUGUS CIAWIGEBANG

Authors

  • Yeyen Suryani Universitas Kuningan
  • Entin Jumantini Universitas Kuningan
  • Atin Nuryatin Universitas Kuningan
  • Rani Tania Pratiwi Universitas Kuningan
  • Iskandar Iskandar Universitas Kuningan
  • Sri Mulyati Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12380

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kinerja Guru, MGMP IPS SMP Classroom Action Research (CAR), Teacher performance, MGMP Social Studies teachers of SMP

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru di sekolah masih rendah, banyak guru tidak melakukan penelitian untuk mengatasi masalah-masalah pembelajaran di kelas. Salah satu yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi guru di kelas adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih berkualitas . Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan ilmu dan wawasan baru kepada guru-guru MGMP IPS SMP  Gugus Ciawigebang tentang penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sehingga terbuka pikiran dan kompetensi serta  motivasi dalam diri mereka  untuk memiliki kemampuan dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi serta praktek langsung. Hasil yang dicapai adalah peningkatan pemahaman dan pengetahuan guru-guru MGMP IPS mengenai penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta mampu menyusun PTK dengan baik dan benar.

Author Biographies

Entin Jumantini, Universitas Kuningan

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Atin Nuryatin, Universitas Kuningan

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Rani Tania Pratiwi, Universitas Kuningan

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Iskandar Iskandar, Universitas Kuningan

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Sri Mulyati, Universitas Kuningan

Program Studi Pendidikan Ekonomi

References

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fattah, Nanang. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Hopkins, David. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Buckingham : Universitas Terbuka Press.

Hoy, Wayne K & Miskel, Cecil G. (2001). Education Administration: Theory, Research, and Practice (6th ed., international edition). Singapure: Mc Graw-Hill Co.

IGAK Wardhani., & Kuswaya, Wihardit. (2011). Penelitian Tindakan Kelas cetakan 11. Universitas Terbuka

Mulyasa, E.(2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Kusuma, Wijaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Riel, M. (1998). Teaching and learning in the educational communities of the future. In: Dede, C. (ed.). ASCD Year Book 1998. Alexandria: ASCD.

Sanjaya, Winna (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Suryani, Y., Jumantini, E. ., Nuryatin, A. ., Rani Tania Pratiwi, Iskandar, I., & Mulyati, S. . (2023). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN PTK UNTUK GURU-GURU MGMP IPS SMP GUGUS CIAWIGEBANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 786–792. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12380