PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER KRISTIANI MELALUI KREATIVITAS PAJANGAN BINGKAI DENGAN PEMBERDAYAAN KARDUS BEKAS DI SEKOLAH DASAR KRISTEN TEOLOGI SAHABAT BATAM

Authors

  • Sabar Manahan Hutagalung STT Real Batam
  • Evan Dusep Dongoran Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Benteng Martua Mahuraja Purba Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Clara Alexandra Griapon Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Hanyta Priscila Harahap Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Putri Jelita Daeli Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Nening Satriani Radja Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Fauzi Hutagalung Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Tuti Armilla Sitepu Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Kristina Natalia Siregar Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Grace Junika Baptiso Gultom Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Teti Tri Pujianti Gea Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12325

Keywords:

Karakter, Penanaman, pendampingan Guru dan Orang Tua

Abstract

Pada usia anak umur 8-9 tahun tentunya anak-anak akan diberikan pengarahan dan bimbingan pada saat pembelajaran, agar anak-anak bisa mengerti dan mengenal nilai-nilai karakter Kristiani dalam kehidupan mereka terkhususnya di Sekolah Dasar Teologi Kristen Sahabat Batam. Anak-anak yang berusia 8-9 tahun ini perlu adanya bimbingan dari pihak guru supaya mereka bisa menerapkan nilai-nilai karakter Kristiani di sekolah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak usia 8-9 tahun di Sekolah Dasar Teologi Kristen Sahabat Batam yang memberikan penguatan bagi Kognitif mereka melalui Kreativitas Pajangan Bingkai dengan  Pemberdayaan kardus bekas serta memberikan alat-alat untuk membuat pajangan bingkai supaya mereka semangat untuk mengerjakan kreativitas tersebut. Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode kardus bekas dan memberikan cara-cara bagaimana anak-anak bisa membuat pajangan bingkai dari kardus bekas. Melalui kreativitas pajangan bingkai ini bisa memberikan anak-anak lebih mudah untuk membuat kreativitas dan bisa lebih semangat ketika belajar. Dari pengamatan yang dilakukan oleh tim PKM ditemukan bahwa anak-anak sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir. Setelah melakukan kegiatan ini anak-anak bisa menunjukkan hasil dari kreativitas pajangan bingkai mereka dan bisa lebih mengerti dalam hal nilai-nilai Karakter Kristiani.

References

Aisyah, Ali M. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Prenada Me., 2018.

Indrastoeti, JePenanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasarnny. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (2016): 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php.

N, Omeri. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9, no. manager pendidikan (2015): 464–468.

Rohman, Muhamad Asvin abdur. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019): 125–146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96/89.

Sidabutar, Hasudungan, and Juanda Manullang. “Problem Dan Prospek Metode Penguatan Terhadap Pendidikan Karakter Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021): 69–94.

Siswinarti, Putu Ratih. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab.” Universitas Pendidikan Ganesha, no. March (2017): 5.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Hutagalung, S. M. ., Dongoran, E. D. ., Purba, B. M. M. ., Griapon, C. A. ., Harahap, H. P. ., Daeli, P. J. ., … Gea, T. T. P. . (2023). PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER KRISTIANI MELALUI KREATIVITAS PAJANGAN BINGKAI DENGAN PEMBERDAYAAN KARDUS BEKAS DI SEKOLAH DASAR KRISTEN TEOLOGI SAHABAT BATAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1319–1324. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12325

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.