This is an outdated version published on 2023-02-10. Read the most recent version.

PENYULUHAN METODE PAIKEM BAHASA INGGRIS PADA GURU TK ISLAM RUHAMA KOTA BEKASI

Authors

  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12217

Keywords:

Penyuluhan, Metode PAIKEM, Bahasa Inggris

Abstract

PAIKEM adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Paikem memerlukan pemahaman yang utuh dan praktek yang nyata, agar guru dikelas mmapun mewujudkan metode tersebut. Paikem bahasa Inggris memerlukan pelatihan yang menyeluruh. Guru masih memerlukan keterampilan mengajar bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Islam Ruhama kota Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh 9 orang guru pada bulan Maret hingga Juni 2018. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode penyuluhan dan praktek. Penyuluhan ini mampu memberikan peningkatan kualitas guru, dengan terdapat 3 guru yang berkatagori cukup, ada 3 guru berkatagori baik dan 3 guru berkatagori sangat baik. Guru hendak dapat menggunakan media yang cocok dan tepat bagi siswa yang berumur 4-5 tahun dan 6-7 tahun. PAIKEM merupakan metoda yang mampu memberikan motivasi siswa untuk menerima semua informasi dari guru, termasuk materi yang berahasa Inggris.

References

Aryni, Y., Supiatman, L., & Rahayu, S. (2021). Mengajar Bahasa Inggris Bagi Young Learners

Dengan Fun Activities. Rambate, 1(1), 14-20.

Dja’far, H. I., Hadi, I., Saputri, N. L., Alifah, S., Restoeningrum, R., Wulansari, L., ... & Yanti, S.

(2022). Penyuluhan Efektivitas Belajar Daring Untuk Orang Tua Murid SMPN TERBUKA 23 Kota Bekasi. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 474-480.

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century teacher education. Journal of Teache

Education, 57(10), 1-15.

Ira, E. F. S. H. M. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan

Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Jais, A. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan

Menyenangkan (PAIKEM). SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 4(1), 113-123.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran

Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52-57.

Qamariyah, N. (2018). Teori Belajar Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan.

Sriyono, H., Rizkiyah, N., & Widiyarto, S. (2022). What Education Should Be Provided to Early

Childhood in The Millennial Era. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5018-5028.

Sahrazad, S., Cleopatra, M., Dja’far, H. I., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2021). Pelatihan menulis

cerpen sebagai penguatan program literasi pada siswa SMP Kanzul Mubaarok Kota Bekasi. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Sahrazad, S., Cleopatra, M., Alifah, S., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2021). Identifikasi Faktor-

Faktor Penghambat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Musim Pandemi Corona Pada Siswa SMP. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(2), 334-338.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era

Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135-154.

Sudjono, E. T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif

Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari, 6(2).

Tania, E. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan

Menyenangkan (Paikem) Dalam Perkembangan Aspek Bahasa Anak Di Tk Islam Al-Wakaf Kelurahan Duri Pulo Kecamatan Gambir Jakarta Pusat.

Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa

Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467-478.

Widiyarto, S. (2022). Pengenalan Olahraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi

Siswa TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7232-7241.

Widiyarto, S., Mulyadi, M., Wulansari, L., & Ati, A. P. (2021). Youtube As A Media For

Students’ comprehensive Listening Ability At Junior High Schools In Bekasi. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1699-1706.

Downloads

Published

2023-02-10

Versions

How to Cite

Widiyarto , S. . (2023). PENYULUHAN METODE PAIKEM BAHASA INGGRIS PADA GURU TK ISLAM RUHAMA KOTA BEKASI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 258–262. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12217